COVID-19 Sudan Per 26 Mei: Sembuh 503, Positif 3.976 Orang

 

Khartoum, MINA –  Kementerian Kesehatan Sudan melalui Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nasional, mengumumkan data terbaru penyebaran Covid-19 secara nasional, hari ini Selasa (26/5) pagi.

Penambahan kasus pasca penyebaran Covid-19 masuk di 18 provinsi di Sudan, pada pertengahan Maret lalu, hingga saat ini Positif Covid-19 berjumlah 3.976 Orang

Sedangkan yang dinyatakan sembuh 503 orang, dari  dari hasil swab test pada tanggal 24  Mei 2020. Yang Dipublikasikan hari ini Selasa 26 Mei 2020, Jam 04: 00 CAT.

Dinyatakan, angka positif itu cukup mengkhawatirkan, terutama untuk Provinsi Khartoum yang menyumbang hampir 90 % dari data secara nasional, dengan penambahan hari ini sebanyak 142  orang, sehingga total menjadi 3.223.

Sementara itu, korban yang meninggal sebanyak 170 orang dan sembuh 503  orang.

Jumlah terbanyak yang dinyatakan positif sudah masuk di 8 provinsi, terutama  di ibu kota Khartoum, dan kota Gezira, Kordofan Utara, Qadarif, Sennar, Darfur Selatan,  Kassala dan Darfur Utara.

Khartoum mencatat penambahan kasus baru positif sebanyak 142 orang, dari jumlah keseluruhan 3.222 orang, sedangkan yang dinyatakan sembuh per hari Selasa  di provinsi ini 44 orang.

Namun  terlihat masih ada beberapa kelompok masyarakat  berkumpul yang tidak mengindahkan aturan pemerintah setempat, diantaranya ketika Sholat Idul Fitri 1441 kemaren. Masih ada sholat di lapangan dengan jumlah jamaah yang sangat besar, menurut beberapa video yang beredar di media sosial.

Selain itu Pemerintah Sudan melalui Komite Tinggi Gawat Darurat Kesehatan, dan pemerintah Provinsi Khartoum memutuskan memperpanjang dan memperketat prosedur lockdown secara nasional yang kedua kalinya, khususnya untuk Provinsi Khartoum, dengan memberikan ancaman penjara dan denda bagi yang tidak mengindahkan aturan PSBB / Lockdown yang ditetapkan Pemerintah, termasuk memperpanjang penutupan bandara hingga akhir bulan Mei ini.

Kementerian Kesehatan telah menetapkan beberapa rumah sakit rujukan dan karantina penanganan Covid-19 di berbagai provinsi, terutama di Provinsi Khartoum, seperti Rumah Sakit IGD Jabro, Rumah Sakit Universal Sudan, dan beberapa tempat swab test Covid-19 yang tersebar di berbagai provinsi. (L/B02/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)