COVID-19 Sudan Per 8 Mei, Kasus Baru 181, Total Positif 1.111 Orang

Khartoum,MINAKementerian Kesehatan mengumumkan pertambahan 181  orang  yang dinyatakan  Positif secara nasional pada Jum’at malam, (8/5) sehingga keseluruhan menjadi 1.111 orang di 16 provinsi di Sudan.

Sementara itu, korban yang meninggal sebanyak 59 orang,  sembuh 102 orang. Demikian keterangan pers dari Data Center Penanganan Covid-19 Kementerian Kesehatan Sudan di Ibu Kota Khartoum.

Penyebaran Covid-19 di seluruh Sudan sampai saat ini mencapai 16  provinsi, dari 18 provinsi, dengan terbanyak di Khartoum ,Gezira, Kordofan Utara dan Qadarif.

Di Khartoum  tercatat penambahan kasus baru positif sebanyak 141 orang sehingga keseluruhan berjumlah 934 orang,  sedangkan yang dinyatakan sembuh perhari ini dari sebanyak sembilan orang.

Sementara itu, Provinsi Gezira yang berjarak 180 km dari Provinsi Khartoum dilaporkan positif Covid-19 kasus baru 6 , total 45 Orang,  serta Provinsi Kordofan Utara Total, 38, dan Qadarif total sebanyak 26 orang.

Kementerian Kesehatan telah menetapkan beberapa rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di berbagai provinsi, terutama di Provinsi Khartoum, seperti Rumah Sakit IGD Jabro, Rumah Sakit Universal Sudan.

Selain itu Pemerintah Sudan melalui Komite Tinggi Gawat Darurat Kesehatan, memutuskan memperpanjang dan memperketat prosedur lockdown khususnya untuk Provinsi Khartoum selama 10 hari ke depan mulai Sabtu besok.

Di samping itu ditetapkan memperpanjang masa PSBB selama dua minggu untuk kota dan provinsi lainnya  di seluruh Sudan.

Hingga Pemerintah Sudan telah mengeluarkan keputusan menerapkan lockdown total di seluruh Khartoum, sejak Sabtu (18/4) selama tiga pekan atau berakhir pada Sabtu besok (9/5), namun telah dierpanjang untuk 10 hari ke depan.

Namun masih memperbolehkan  warga untuk sekedar membeli kebutuhan harian atau keperluan mendesak lainnya dengan waktu jeda tujuh jam dari pukul 06:00 pagi hingga 13:00 siang setiap harinya. (L/B02/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Sidik Mustaqim

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.