Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Cucu Mandela Kritik Penyambutan Kongres AS untuk Netanyahu 

Arina Islami Editor : Bahron Ansori - Sabtu, 27 Juli 2024 - 19:05 WIB

Sabtu, 27 Juli 2024 - 19:05 WIB

13 Views

Mandla Mandela berorasi di Cape Town, Afrika Selatan pada 12 Mei 2021 dalam aksi protes terhadap serangan Israel terhadap warga Palestina di Gaza ketika kekerasan meningkat yang dipicu oleh kerusuhan di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem yang diduduki. [Foto: Mail and Guardian]

Jakarta, MINA – Cucu aktivis anti-apartheid Afrika Selatan Nelson Mandela, Nkosi Zwelivelile mengkritik Kongres Amerika Serikat (AS) karena memberi sambutan dan tepuk tangan meriah untuk Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu ketika berpidato di pertemuan tersebut.

“Dengan sangat jijik bahwa kami menyatakan kemarahan kami terhadap Kongres yang menyembunyikan seorang penjahat perang (Netanyahu) dan kegagalan mereka untuk menangkapnya berdasarkan surat perintah penangkapan ICC. Ini sama dengan pelanggaran hukum internasional,” kata Zwelivelile dalam pernyataan tertulis yang diterima MINA di Jakarta, Sabtu (27/7).

Zwelivelile menyebut, Kongres AS telah gagal menegakkan nilai-nilai konstitusi mereka sendiri karena telah menyambut Netanyahu yang menurutnya merupakan penjahat perang.

Kongres AS gagal menegakkan nilai -nilai konstitusi sendiri dengan menyambut penjahat perang Netanyahu, pembunuh bayi, anak -anak dan wanita. Alih-alih menangkapnya karena tindakan genosida, pembersihan etnis, kejahatan perang, dan kejahatan terhadap kemanusiaan, ia malah disambut dan menerima tepuk tangan meriah seperti pahlawan,” ujarnya.

Baca Juga: Jamaah Ashabul Kahfi Australia Doa Bersama untuk Ulama Aceh Tu Sop

Menurut Zwelivelile atau yang dikenal Mandla Mandela, apa yang dilakukan Kongres AS itu menunjukkan keterlibatan mereka atas genosida di Gaza.

Mantan anggota Majelis Nasional Afrika Selatan itu bahkan mengatakan, tindakan Kongres AS setara dengan Adolf Hitler yang bertepuk tangan untuk Holocaust.

“Kami menyerukan kepada masyarakat dunia yang mencintai kebebasan untuk mengintensifkan aksi protes yang menuntut penangkapan Netanyahu dan kabinet penjahat perangnya, melarang Apartheid Israel dari Olimpiade Paris, dan untuk mengisolasi Apartheid Israel dari komunitas negara-negara global,” pungkas Mandla Mandela dalam pernyataan tertanggal 26 Juli 2024 di Provinsi Cape Timur, Afrika Selatan.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Lima Orang Tewas Imbas Kekerasan Etnis di Manipur India

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Palestina
Internasional
Palestina
Palestina
Indonesia