Daar El Qolam Gelar Sarasehan Kiai International

Suasana apel 50 tahun Ponpes Daar El Qolam.

Tangerang, MINA – Pondok Pesantren Daar El Qolam Tangerang menggelar Rapat Kerja dan Sarasehan Internasional Kiai serta Pimpinan Pesantren Alumni Gontor dan Alumni Daar El Qolam di Tangerang, Banten. Demikian wartawan Mi’raj News Agency (MINA) melaporkan dari Tangerang, Sabtu, (20/1).

Acara bertajuk “Menjaga Amanah, Merawat Tradisi, Merespon Modernisasi” ini dimulai dengan Apel 50 tahun Ponpes Daar El Qolam yang dihadiri 1.500 santri dan 1.200 kiai pimpinan ponpes se-Indonesia.

Pimpinan Ponpes Gontor Kiai Hasan Abdullah Sahal dalam sambutannya pada apel tersebut mengatakan, ponpes merupakan lembaga yang paling bisa diandalkan untuk mendidik generasi bangsa.

Pendiri Ponpes Daar El Qolam sendiri merupakan alumni senior Ponpes Gontor.

Apel juga dimeriahkan dengan beberapa penampilan seperti marching band, tari daerah, dan penampilan lainnya.

Sarasehan ini merupakan rangkaian acara Milad Ke-50 tahun ponpes yang terletak di Pasir Gintung, Jayanti, Tangerang ini.

Daar El-Qolam berdiri pada tanggal 20 Januari 1968, didirikan oleh Kiai Ahmad Rifa’i Arief. Pesantren terbesar di Provinsi Banten kini dihuni lebih dari 5.500 santri yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Rangkaian acara kegiatan milad ke-50 tahun ini akan berlangsung sejak tanggal 15 sampai 22 Januari 2018. Antara lain; Jambore dan Raimuna Antar Pesantren Se-Jawa dan Sumatera, Malam Refleksi dan Tayangan Film Dokumenter 50 Tahun Daar el-Qolam, Apel Peringatan Milad, Silaturahmi Nasional dan Sarasehan Internasional Forum Pimpinan Pesantren Alumni Gontor dan Gintung, Reuni Akbar Alumni Daar el-Qolam, Daar el-Qolam Expo dan hiburan masyarakat yang akan menampilkan Rhoma Irama dan Soneta Grup.

Kiai Zulkifli Muhadli selaku Ketua Forum Pesantren Alumni Gontor (FPA) mengatakan, acara Milad 50 Tahun Pesantren Daar El Qolam akan banyak dihadiri tokoh nasional.

Alhamdulillah besok pagi acara sarasehan akan dihadiri oleh Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Gubernur Banten Wahidin Halim, Wakil Menteri Luar Negri AM Fachir, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, KH. Hasan Abdullah Sahal dan ratusan kiai alumni Gontor se-Indonesia dan semua sudah konfirmasi hadir,” kata Zulkifli.

Acara pembukaan Sarasehan Alumni Gontor dan Daar El Qolam akan dibuka langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin pada Sabtu pagi, 20 Januari 2018 pukul 08.00 WIB di Pondok Pesantren Daar El Qolam 3, rt.07 rw.02, Desa Pangkat, Kec. Jayanti, Kab. Tangerang, Prov. Banten 15610. (L/B01/RI-1).

Mi’raj News Agency (MINA).

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.