Dai Gaza Harapkan Aksi Nyata Masyarakat Indonesia untuk Palestina

(Foto: Rana/MINA)

Tangerang, Banten, MINA – Dai asal Gaza, Palestina, Syaikh Muhammad Al-Misri berharap masyarakat Indonesia dapat menunjukkan sikap dan aksi nyata dalam mendukung perjuangan rakyat di negeri para nabi itu dalam meraih kemerdekaan dari penjajahan Israel.

“Saat ini situasi Palestina sangat sulit. Sudah lebih dari 70 tahun Palestina berada di bawah penjajahan Zionis Israel. Palestina selalu menghadapi berbagai macam konflik dari segala penjuru,” kata Muhammad Al-Misri saat tabligh akbar di Masjid Jami Darussalam Sindangsari, Kabupaten Tangerang, Banten, Ahad (1/4).

Meski demikian, lanjut dia, hal ini tidak membuat rakyat Palestina menyerah begitu saja, melainkan mereka tetap berjuang merebut hak-hak mereka yang dirampas oleh Israel hingga tetes darah terakhir.

Muhammad Al-Misri menjelaskan, saat ini puluhan ribu peserta aksi damai Palestina turun ke jalanan di Gaza di sepanjang pagar perbatasan. Sekelompok kecil beraksi di Tepi Barat.

Israel melakukan tindakan refresif dengan menyerang para peserta aksi sehingga lebih 1.400 orang terluka saat demonstran berlangsung di perbatasan dengan Israel di hari pertama demonstrasi Jumat (30/3), yang rencananya akan dilakukan selama enam pekan.

Jumlah korban yang tewas dalam bentrokan warga Palestina dengan aparat keamanan Israel di Gaza mencapai 17 orang sepanjang Jumat. Hal tersebut diungkapkan oleh Kementerian Kesehatan Palestina.

Protes ini bertepatan dengan Hari Tanah Palestina, memeringati penyitaan tanah milik warga Palestina pada 1976 silam. Enam warga Arab-Israel tewas memprotes penyitaan tersebut, kala itu.

Muhammad Al-Misri menegaskan, seluruh umat Islam di mana pun berada harus membantu saudaranya seiman di Palestina sebagai kewajiban syariat.

Untuk itu, umat Islam mempunyai peran besar tehadap Paletina dan mempunyai tugas penting dalam memberitakan Palestina melalui media atau melalui tulisan.

“Meski jarak yang jauh, bukan berarti kita diam dan tak peduli, Al-Quds adalah kota suci, begitu pula Masjid Al-Aqsha, kiblat pertama umat muslim dan
warisan para nabi. Sudah sepatutnya kita bantu mendoakan dengan doa terbaik, dan ikut serta membantu mengabarkan kabar Palestina ke media
sosial Anda,” ujarnya.

Dia juga memuji langkah-langkah pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam penyelesaian masalah Palestina. Indonesia secara konsisten mendukung upaya kemerdekaan Palestina, termasuk mengecam keras segala upaya pendudukan yang dilakukan oleh penjajah Israel.

Tercatat dalam sejarah bahwa Indonesia sangat berperan besar mewujudkan kedaulatan Palestina di berbagai bidang. (L/Narty/R01/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)