DA’I: PUASA BENTUK KESALEHAN PRIBADI DAN SOSIAL

kupang ahso
Safari di Masjid Babul Fath, Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, Kamis (26/6). (Dok Pan)

, 11 Ramadhan 1436/28 Juni 2015 (MINA) – Da’i utusan Aqsa Working Group (AWG) Jakarta, Ahmad Soleh mengatakan Ramadhan bertujuan membentuk dan .

“Tujuan puasa itu agar pelakunya mendapatkan saleh pribadi yang terlihat dalam ibadah mahdhah dan akhlaknya, juga saleh dan peduli terhadap permasalahan sosial,” katanya saat mengisi ceramah Subuh di Masjid Babul Fath, Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, Kamis pagi, 26/6.

Dosen STAI Al-Fatah Cileungsi Bogor itu menegaskan, dalam puasa Ramadhan dianjurkan untuk memperbanyak amalan yang diajarkan Nabi sehingga hati menjadi bersih dan terbentuk pribadi yang saleh.

“Dalam puasa Ramadhan dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dengan khusyu’, istighfar, ikhlas berdo’a, shalat taraweh yang tuma’ninah serta tadarus Al-Qur’an, yang semua itu akan mengantarkan pelakunya memiliki hati yang bersih.” tegasnya dalam Safari Dakwah Ramadhan di Provinsi itu.

Duta Al-Quds Internasional itu menambahkan, orang yang berpuasa dianjurkan untuk peduli kepada fakir miskin, muslim tertindas seperti di Palestina dan Rohingya, Myanmar.

“Amalan-amalan nyata yang dianjurkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, seperti memberi shadaqah, menolong sesama dan membayar zakat fitrah untuk fakir miskin dapat memebentuk pribadi yang peduli kepada masalah-masalah di sekitar dengan kata lain ia menjadi saleh sosial.” kata da’i yang sedang menyelesaikan program magister konsentrasi ilmu tafsir ini.

Ahmad Soleh melakukan Safari Da’wah Ramadhan di Nusa Tenggara Timur, dimulai dari Ende (Flores), Kupang, Billa, Soe dimulai 22 Juni 2015 dan rencananya akan kembali ke Jakarta 8 Juli 2015 mendatang.

Menyingung soal masih banyaknya umat Islam di daerah Ende, bahwa masih ditemukan puluhan kepala keluarga (KK) komunitas muslim yang belum memehami tentang Islam secara utuh, Ahmad Soleh merasa prihatin dan menjadi tanggung jawab Muslim lainnya untuk melakukan pembinaan. (L/rof/P4).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0