Dalam Sebulan, Israel Lakukan 148 Pelanggaran terhadap Jurnalis Palestina

Sumber Foto: Media Indonesia

Yerusalem, MINA – Sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Arab mendokumentasikan 148 pelanggaran Israel terhadap jurnalis Palestina di wilayah yang diduduki selama bulan Mei, kantor Berita Anadolu melaporkan.

Dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Anadolu Agency, Kamis (2/6), Komite Dukungan Jurnalis mengatakan bulan Mei terjadi lonjakan serangan terhadap jurnalis Palestina oleh pasukan dan pemukim Israel.

Komite menyatakan  serangan itu sebagai upaya mencegah wartawan Palestina meliput serangan Israel terhadap warga Palestina dan tempat-tempat suci mereka.

Menurut LSM tersebut, pelanggaran Israel bervariasi dari penangkapan, intimidasi, penembakan, serangan verbal dan fisik hingga insiden tabrakan mobil.

Selain itu, 11 wartawan ditahan oleh pasukan Israel di Tepi Barat selama Mei, sedangkan lima lainnya diperpanjang penahannya tanpa pengadilan.

Baca Juga:  Thailand Open 2024: Dua Wakil Indonesia Berjuang di Semifinal

LSM tersebut juga mencatat bahwa akun media sosial dari 11 jurnalis Palestina ditangguhkan dengan dalih pelanggaran aturan publikasi.

Bulan lalu, jurnalis Al Jazeera, Shireen Abu Akleh juga ditembak mati saat meliput serangan militer Israel di kota Jenin, Tepi Barat. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf