Dana Pensiun Global Norwegia Boikot Tiga Perusahaan Mitra Israel

Oslo, MINA – Norges Bank telah memutuskan untuk memboikot tiga perusahaan dari Global karena peran mereka dalam bisnis perusahaan permukiman ilegal Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Sebagaimana keterangan resmi Norges Bank baru-baru ini yang dilaporkan Kantor Berita Palestina WAFA, Sabtu (4/9), Dewan Eksekutif telah memutuskan untuk mengecualikan perusahaan Elco Ltd, Ashtrom Group Ltd, dan Electra Ltd.

Ketiga perusahaan itu diboikot karena risiko yang tidak dapat diterima yakni perusahaan berkontribusi terhadap pelanggaran sistematis hak individu dalam situasi perang atau konflik berdasarkan Pedoman Pengamatan dan Pengecualian Perusahaan dari Dana Pensiun Pemerintah Global.

Keputusan itu didasarkan pada rekomendasi dari Dewan Etika pada 15 Maret 2021, yang merekomendasikan Norges Bank untuk memboikot perusahaan berdasarkan aktivitas perusahaan yang terkait dengan permukiman Israel di Tepi Barat, tulis pernyataan itu.

Sebelumnya badan pengelola dana investasi negara terbesar di Norwegia itu, pada Senin 5 juli 2021, mengumumkan telah mendivestasi kepemilikannya di 16 perusahaan yang terkait dengan permukiman kolonial Israel di Tepi Barat, termasuk perusahaan raksasa peralatan telekomunikasi Motorola. (T/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.