Dapatkan Wajah Mulus, Ini Tips Cegah Jerawat

Ilustrasi, tips mencegah jerawat (Foto: Shutterstock)

Jakarta, MINA – Memiliki wajah mulus tentu menjadi impian semua orang, apalagi bagi kalangan perempuan. Wajah yang bersih dan tak berjerawat memang lebih indah dipandang, maka banyak orang berlomba-lomba melakukan berbagai cara untuk menghilangkan jerawat.

Namun sebelum mengobati, sebaiknya kita perlu mengetahui lebih dulu bagaimana cara mencegah munculnya jerawat.

Melansir situs Kementerian Kesehatan RI, jerawat akan muncul ketika zat berminyak, sel kulit mati, dan substansi lain menyumbat pori-pori kulit. Kondisi itu sangat disukai oleh bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) sehingga menginfeksi kulit.

Beberapa penyebab munculnya jerawat antara lain karena kulit berminyak berlebih, genetik, paparan cahaya matahari, pola hidup tidak sehat, perubahan hormon, infeksi kulit, kosmetik mengandung minyak, serta makanan dan obat-obatan yang dikonsumsi.

Berikut cara mencegah munculnya jerawat:

1. Membersihkan Wajah Secara Teratur

Menurut situs American Academy of Dermatology Association, seseorang dengan kulit berjerawat disarankan mencuci muka hanya dua kali sehari, yaitu setelah bangun dan sebelum tidur.

Kita bisa menggunakan pembersih wajah yang mengandung bahan-bahan alami seperti lemon, pohon teh, centella asiatica (pegagan), kunyit, dan peppermint untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori kulit.

2. Hindari Menyentuh Wajah

Hindari menyentuh wajah agar terhindar dari perpindahan bakteri dan zat berminyak dari tangan ke wajah.

Hindari juga memencet jerawat karena dapat menyebabkan infeksi bahkan jaringan parut.

3. Hindari Produk Skincare dan Kosmetik Berminyak

Pilihlah produk perawatan kulit nonkomedogenik untuk menghindari penumpukan minyak berlebih di wajah.

Berikut ini adalah rekomendasi bahan minyak alami nonkomedogenik menurut Skincraft Laboratory: minyak biji anggur, minyak biji rose hip, biji bunga matahari, minyak neem, minyak biji rami, minyak jarak, minyak kamelia, minyak calendula, dan minyak jojoba.

Begitu pula dengan kosmetik, pilihlah kosmetik water-based (berbahan dasar air), tidak mengandung minyak (free oil), dan nonkomedogenik.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Diet seimbang dengan konsumsi makanan rendah glikemik (buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum) dan cukup air mineral dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam.

5. Cukup Istirahat dan Mampu Mengelola Stres

Menurut Dr. Jhon Minni, salah seorang dermatolog di Water’s Edge Dermatology, stres tidak menyebabkan jerawat secara langsung.

Namun kondisi stres dapat memengaruhi fungsi hormonal tubuh seperti peningkatan hormon stres (kortisol dan androgen) yang akan meningkatkan produksi minyak pada kulit.

Produksi protein sitokinin juga akan meningkat karena stres dan kecemasan.

6. Olahraga dan Meditasi Teratur

Olahraga teratur dapat membantu menghilangkan stres, meningkatkan kadar oksigen, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Meditasi secara teratur mengurangi tingkat kortisol dalam tubuh yang bertanggung jawab atas timbulnya jerawat.

Demikian beberapa cara yang dapat diterapkan secara rutin untuk merawat kulit wajah agar terhindar dari jerawat yang mengganggu.[]

Mi’raj News Agency (MINA) 

Wartawan: Arina Islami

Editor: Zaenal Muttaqin