Daud Pakeh: Lembaga Pendidikan Islam Beri Sumbangsih Besar untuk Negeri Ini

Banda Aceh, MINA – Lembaga Pendidikan Islam, baik pesantren, madrasah diniyah dan Lembaga Pendidikan Quran (LPQ) telah memberikan sumbangsih yang besar bagi negeri ini.

“Siapapun di negeri ini tidak bisa memungkiri besarnya jasa pondok pesantren atau dayah dalam sejarah pembangunan Indonesia yang beradab,” demikian Kepala Kantor Wilayah¬† Kementerian Agama Provinsi Aceh, Daud Pakeh, Rabu (2/10) pada Rapat Koordinasi¬† dan Evaluasi Program Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren).

Menurut Daud Pakeh khusus bagi pesantren, diniyah dan LPQ di Aceh, sebagaimana diakui oleh para pakar sejarah, merupakan lembaga pendidikan Islam yang telah berjasa mencetak para pendakwah yang kemudian menyebarkan Islam ke seluruh pelosok nusantara.

“Di Aceh, sejarah membuktikan bahwa pesantren atau dayah merupakan benteng terakhir kekuatan umat Islam dalam melawan imperalisme asing. Dan dewasa ini, pesantren di Aceh juga menjadi benteng terakhir pertahanan akidah umat,” jelasnya.

Kekuatan pesantren sebagai basis pengembangan ilmu agama dan sub sistem dalam masyarakat akan selalu diuji oleh tantangan zaman yang selalu mengikuti perkembangan dunia yang dinamis.

“Kita berharap, di tengah arus deras perubahan dunia, pesantren atau dayah tidak hanya menjadi benteng pertahanan atas berbagai serangan pemikiran yang menghancurkan nilai-nilai Islam yang mulia, akan tetapi juga bisa berperan ekstra dalam melakukan ekspansi nilai-nilai yang telah dibangun selama ini ke dalam struktur kehidupan berbangsa dan bernegara,” harap Daud.

“Banyak nilai-nilai positif dari pesantren, diniyah dan LPQ yang harus ditampilkan keluar. Baik nilai-nilai kemandirian, ikhlas dan ukhuwah islamiah,” lanjutnya. (L/AP/P1 )

Mi’raj News Agency (MINA)