DD Ajak Masyarakat Peduli dan Jaga Kualitas Hidup

Jakarta, MINA – Dompet Dhuafa (DD) melalui aksi (Cegah Tangkal) Corona mengajak masyarakat untuk peduli dan berperan dalam menjaga kualitas hidup guna mengurangi tersebarnya virus corona (Covid-19)

“Keadaan darurat selalu memberikan tekanan dampak negatif terhadap kesehatan manusia dengan menurunkan imun tubuh. Padahal fisik yang sehat akan mempengaruhi jiwa (psikologis) yang sehat,” kata General Manager Human Capital Dompet Dhuafa Maya Sita Darlina di Jakarta, Kamis (19/3).

“Untuk itu upaya menanggulangi tekanan aspek psikologis dalam wabah pandemi Covid-19 ini perlu diketahui oleh banyak pihak agar tidak semakin menurunkan kualitas hidup kita semua. Suport dari komunitas juga perlu disusun agar bisa kerjasama mencegah,” tambahnya.

Dari Pelayanan Ambulan Gawat Darurat DD dr. Handrian Purawijaya mengatakan, dalam merebaknya Covid-19, ada beragam cara masyarakat dalam antisipasinya, salah satunya penggunaan jas hujan sebagai APD (Alat Pelindung Diri) bila dalam keadaan mendadak, jas hujan bisa digunakan.

Sementara, petugas RSPI Sulianti Saroso Pompini Agustina mengatakan, peran serta masyarakat untuk sama-sama berjuang, sebaiknya isolasi diri bila mana ada pihak masyarakat yang berkontak erat dengan kasus positif corona.

“Jaga istirahat yang cukup, satu peduli dan paham. Jika kita berada di ruangan terbuka, ada cahaya matahari serta jaraknya jauh dari keramaian orang maka tidak harus menggunakan masker. Namun kita harus waspada, tidak hanya tenaga medis, tapi kita semua harus berperan,” ujarnya.

Kegiatan aksi CEKAL telah dimulai dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat-tempat umum, terutama tempat ibadah semua agama.

DD juga aktif mengedukasi masyarakat untuk terus meningkatkan kebersihan serta mencuci tangan dengan metode cuci tangan yang bersih dan benar.

Dukungan psikososial menjadi hal yang penting dalam situasi ketidakpastian keadaan yang bisa jadi pada sebagian orang akan menimbulkan ketidaknyamanan, kecemasan, khawatir berlebihan, yang dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga lebih mudah terpapar atau lama proses penyembuhannya.

CEKAL corona DD telah mendirikan pusat informasi atau Crisis Center Cekal Covid-19 dengan layanan Call Center Siaga Dompet Dhuafa yang bisa dihubungi di nomor 081116 17101. (R/SSH/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.