Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Deklarasi Beijing untuk Palestina, Imaam Yakhsyallah: Seharusnya Itu Dilakukan Umat Islam

Widi Kusnadi Editor : Arif Ramdan - Rabu, 24 Juli 2024 - 09:47 WIB

Rabu, 24 Juli 2024 - 09:47 WIB

65 Views

Imaam Yakhsyallah Mansur.(Foto: MINA)

Jakarta, MINA – Rekonsiliasi antar faksi perjuangan Palestina yang difasilitasi China dan melahirkan “Deklarasi Beijing” merupakan satu langkah maju menuju persatuan nasional Palestina, meski sebenarnya peran itu lebih patut dilakukan umat muslim negeri-negeri Islam.

“Seharusnya itu dilakukan umat Islam. Namun karena berselisih dan lemah, mereka tidak mampu melaksanakan tugasnya,” kata Imaam Yakhsyallah kepada MINA, Rabu (24/7).

Imaam Yakhsyallah yang juga pengasuh pondok pesantren Al-Fatah se-Indonesia itu berpendapat, umat Islam seharusnya bisa berperan sebagai juru damai, khususnya dalam krisis Palestina saat ini. Namun hal itu ternyata didahului oleh umat lain, yaitu China.

Ia berharap, semoga kejadian ini menjadi pelajaran bagi umat Islam agar memperkuat persatuan dan kesatuan umat, tidak berpecah belah, tetapi bersatu sehingga menjadi kuat dan disegani musuh-musuh Islam.

Baca Juga: Beberapa Wilayah di Jateng Diprediksi Hujan Ektrem pada 8-9 September

“Umat Islam hendaknya bersatu dalam kehidupan berjamaah, dengan menganggalkan kepentingan pribadi, kelompok dan ego sektoral. Itulah yang disebut dengan non-politik,” paparnya.

China menginisiasi rekonsiliasi antar faksi Palestina. Dialog rekonsiliasi antar faksi diadakan di ibukota Beijing, pada 21-23 Juli lalu.

Sebanyak 14 faksi Palestina sepakat untuk mengakhiri perpecahan mereka dan memperkuat persatuan Palestina dengan menandatangani Deklarasi Beijing pada Selasa pagi, 23 Juli 2024.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Peringatan Setahun Kasus Rempang, Warga Gelar Doa Bersama

Rekomendasi untuk Anda

Khutbah Jumat
Khutbah Jumat
Arina Islami, wartawan MINA dan relawan Aqsa Working Group berorasi dalam aksi solidaritas Palestina peringatan 76 tahun Nakba di depan gedung Kedubes AS, Jakarta pada 17 Mei 2024. (Foto: AWG)
Kolom
Indonesia
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia