Delegasi Hamas, Fatah Menuju Kairo untuk Pertemuan

Kairo, MINA – Para pemimpin dari dua faksi utama Palestina Hamas dan Fatah meninggalkan Jalur Gaza untuk bergabung dalam pertemuan timbal balik delegasi gerakan mereka di Kairo.

Dikutip dari Anadolu pada Selasa (17/11), sumber resmi yang tidak disebutkan namanya
mengatakan, para pemimpin itu termasuk anggota Biro Politik Hamas Khalil Al-Hayya dan Pemimpin Senior Fatah Ahmad Hillis.

Ia juga mengatakan, kedua pemimpin itu akan bergabung dengan delegasi gerakan mereka di Kairo, mencatat bahwa pertemuan mereka terkait dengan rekonsiliasi nasional dan gencatan senjata antara perlawanan Palestina di Gaza dan Israel.

Juru bicara Hamas Abdul-Latif Al-Qanou mengatakan kepada Anadolu bahwa delegasi Hamas dipimpin oleh Wakil Ketua Biro Politik Gerakan Sheikh Saleh Al-Arouri, dan pertemuan itu merupakan upaya untuk mencapai “kesepakatan nasional yang komprehensif”.

Al-Qanou menambahkan, gerakannya ingin mencapai hasil yang sukses terkait kemitraan dengan semua faksi Palestina, terlepas dari mereka menjadi anggota PLO atau tidak untuk membuat “front nasional bersama” yang akan mampu mengatasi tantangan perjuangan Palestina.

Pada tanggal 3 September, sekretaris jenderal faksi Palestina mengadakan pertemuan di Beirut dan Ramallah dan setuju mencapai kesepakatan nasional dan mengadakan pemilihan presiden, parlemen, dan Dewan Nasional.

Delegasi senior dari Hamas dan Fatah kemudian bertemu di Istanbul dan menyepakati “visi bersama” untuk dialog nasional yang komprehensif dalam kemitraan dengan semua faksi Palestina. (T/R7/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)