Delegasi Hamas Kembali ke Kairo Bawa Tanggapan Gencatan Senjata

Gaza, MINA – Pertemuan pemimpin di Jalur Gaza telah menyelesaikan pembahasan mereka tentang proposal dengan Israel dan akan segera kembali ke Kairo, Mesir.

“Delegasi kepemimpinan Hamas yang tiba di Gaza Kamis (2/8) lalu akan kembali ke ibu kota Mesir, Kairo, membawa visi gerakan mengenai semua dokumen yang dibahas,” kata pemimpin Hamas Ismail Haniyah pada pertemuan para politisi Palestina di Jalur Gaza, menurut Pusat Informasi Palestina yang terkait Hamas.

Wakil Kepala Biro Politik Hamas Saleh Al-Arouri diperkirakan akan memimpin delegasi ke Kairo.

Media berbahasa Ibrani Israel melaporkan pada Selasa, pemerintah Israel akan membahas proposal tersebut pada hari Kamis (9/8) dengan menteri kabinet yang ditunjuk untuk pertemuan mengenai situasi di Gaza, demikian Times of Israel melaporkan.

Sumber-sumber Palestina mengatakan kepada surat kabar Asharq Al-Awsat yang berbasis di London pada hari Senin, pejabat senior Hamas yang tinggal di negara-negara Arab dan Islam memasuki Gaza pekan lalu, mereka mencari persetujuan dari faksi Palestina lainnya untuk perjanjian gencatan senjata dengan Israel.

Pemimpin Hamas juga mempertimbangkan proposal untuk kesepakatan rekonsiliasi dengan Otoritas Palestina (PA) yang berbasis di Tepi Barat yang nantinya PA akan mengambil kendali Jalur Gaza di bawah naungan Mesir. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)