Delegasi Jihad Islam ke Mesir Bahas Situasi Gaza

Sekretaris Jenderal Jihad Ramadan Shallah. (Foto: IIT)

Kairo, MINA – Sebuah delegasi pemimpin senior gerakan berkunjung ke Kairo untuk membahas hubungan timbal balik serta perkembangan terakhir dalam perjuangan terutama kondisi terkini Jalur .

Juru bicara kelompok tersebut, Daud Shihab mengatakan bahwa delegasi terdiri dari Sekretaris Jenderal Jihad Islam Ramadan Shallah dan wakilnya Ziyad Al-Nakhla yang keduanya tinggal di pengasingan, demikian laporan Middle East Monitor (MEMO) yang dikutip MINA.

Dia mencatat bahwa kunjungan ini datang menyusul sebuah undangan dari dalam upaya untuk membahas situasi kemanusiaan di Gaza yang terus memburuk dan perkembangan lainnya di Palestina.

Kunjungan ini datang setelah kunjungan serupa oleh kelompok tersebut pada bulan Maret lalu.

Sebuah delegasi Hamas telah melakukan dua kunjungan serupa ke Mesir dalam beberapa bulan terakhir.

Diskusi selama pertemuan membahas seputar hubungan timbal balik, masalah perbatasan, krisis listrik, bahan bakar, perawatan kesehatan, pertukaran komersial, dan lainnya.

Kedua pihak (Mesir-Hamas) telah membahas kemajuan dalam menyetujui kesepakatan pertukaran tahanan dengan dan meningkatkan perkembangan koordinasi keamanan Hamas-Mesir yang disepakati sebelumnya.

Hamas dan Mesir sebelumnya juga telah membahas kesepakatan dan kebijakan yang akan mengurangi dampak blokade Israel selama satu dekade di Gaza, termasuk membuka lebih sering perlintasan Rafah dan bantuan potensial Mesir pada krisis kesehatan yang melumpuhkan Gaza. (T/R01/RS3)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.