Delegasi Khusus BNPT RI Isi Seminar Kebangsaan di Sudan

Duta Besar RI untuk Sudan dan Eritrea Burhanuddin Badruzzaman (nomor 2 dari kanan), Direktur Perangkat Hukum Internasional Yuniar Luthfi (kirinya), dan koresponden MINA di Sudan Sidik Mustaqim, berfoto bareng usai acara seminar kebangsaan di Khartoum, Rabu, 7 Juni 2017. (Foto: Sidik Mustaqim/MINA)

Khartoum, 13 Ramadhan 1438/8 Juni 2017 (MINA) – Empat orang delegasi khusus dari  Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Republik Indonesia  mengisi acara Seminar Kebangsaan dan Buka Puasa Bersama di Khartoum, Sudan.

Delegasi dipimpin oleh Brigjen TNI (Mar) Yuniar Lutfi selaku Direktur Perangkat Hukum Internasional.

Seminar yang diadakan pada hari Rabu (7/6) diselenggarakan atas kerja sama dengan , Forum Pascasarjana (Forpass) Sudan, Persatuan Pelajar Indonesia (PPI), serta beberapa ormas, komunitas kekeluargaan, dan almamater lain yang ada di negara Afrika Utara itu.

Koresponden Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Khartoum, Sidik Mustaqim, melaporkan bahwa acara ini dihadiri langsung oleh Duta Besar RI untuk Sudan dan Eritrea Burhanuddin Badruzzaman, staff KBRI Khartoum, serta lebih 300 warga negara dan mahasiswa Indonesia yang sedang mengenyam pendidikannya di sembilan perguruan tinggi Sudan.

Di seminar bertema “Strategi Pelajar dan Mahasiswa Timur-Tengah dalam Menghadapi Problematika Global” ini, selain Yuniar,  pemaparan juga disampaikan oleh Kasubdit Perlindungan WNI dan Kepentingan Nasional di Luar Negeri Kolonel Pas Roosen L Sinaga, dan Satgas Penanggulangan Terorisme Kompol Joko Dwi Harsono.

Yuniar mengatakan, pelaku teroris tidak selalu orang Islam di dunia ini, seperti yang pernah terjadi di Inggris dan bom Alam Sutera, Tangerang.

“Jadi jangan berangapan bahwa teroris itu orang Islam saja, oh tidak. Dan kami mengatakan di BNPT bahwa itu tidak,” tegasnya di hadapan para warga dan mahasiswa Indonesia yang juga mengikuti acara buka puasa bersama. (L/K02/RI-1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.