Delegasi KTT Y20 Diharapkan Sampaikan Komunike Isu Anak Muda ke Presidensi G20

(Foto: PPID DKI)

Jakarta, MINA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi pembicara dalam konferensi pers virtual Konferensi Tingkat Tinggi Youth 20 Indonesia 2022 pada Sabtu (2/7).

Dalam kesempatan tersebut, kedua gubernur menyampaikan apresiasi sekaligus dukungan terhadap kegiatan KTT Y20 sebagai rangkaian dari Presidensi G20 Indonesia.

“Kami sampaikan dukungan penuh Pemprov DKI dan apresiasi untuk teman-teman yang secara all out mempersiapkan kegiatan Y20 sejak tahun lalu,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengawali sambutannya.

Dia juga berharap nantinya para delegasi KTT Y20 mampu menghasilkan komunike yang bermuatan isu-isu anak muda untuk dibawa ke Presidensi G20. Terlebih, anak muda merupakan pemilik masa depan dari dunia.

“Ujung pertemuan ini adalah komunike Y20, suatu rekomendasi kebijakan berdasarkan hasil riset dan survei global untuk nantinya diberikan kepada para pemimpin negara G20. Pandangan anak muda harus diakomodir oleh G20, karena para pemuda ini adalah penentu masa depan dan apa yang mereka katakan perlu didengar oleh para pemimpin G20,” ungkapnya.

Kemudian, Gubernur Anies juga membuka pintu-pintu kolaborasi atas rekomendasi dari Y20 di Jakarta.

“Kami di Jakarta akan mendukung, terlebih pendekatan kami dari awal adalah kolaborasi. Jadi, kami terbuka untuk teman-teman, dan kami akan mendukung, memfasilitasi, sehingga para delegasi merasakan bagaimana kota ini memiliki persatuan dalam keberagamanan baik sosiologis maupun ekonomi,” tambahnya.

Kegiatan KTT Y20 ini juga dinilai Gubernur Anies sebagai wujud dari Jakarta sebagai Kota Global yang siap menghasilkan berbagai keputusan global.

“Jakarta ini merupakan kota global yang warganya terlibat dalam pengambilan keputusan yang bersifat global dan Y20 termasuk juga ke dalamnya,” pungkasnya.

Sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, pelaksanaan KTT Youth 20 di Jabar akan berlangsung meriah dan menjadi lokomotif anak-anak muda Indonesia dalam membangun masa depan.

Ia juga menegaskan komitmen Pemda Provinsi Jabar dalam menyukseskan pelaksanaan KTT Y20 di Bandung dan Jakarta.

Pertemuan yang akan dihadiri 100 pemuda dari berbagai delegasi negara akan membahas empat aspek, yakni ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, serta keberagaman dan inklusi.

“Kami sangat bangga Pra KTT Y20 berlangsung dengan sangat luar biasa untuk menjadi platform suara anak-anak muda di masa depan. Kita harus mewariskan isu perdamaian, tak ada perang di masa depan dalam empat aspek yang telah disepakati,” kata Ridwan Kamil dalam Y20 Summit Press Conference secara virtual dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (2/7/2022).

Y20 adalah platform untuk pemuda-pemudi dari semua negara G20 untuk berdialog, bernegosiasi, serta mengajukan solusi untuk isu-isu mendesak di dunia.

Hasil utama dari KTT Y20 adalah rekomendasi kebijakan, disebut Komunike Y20 yang akan diberikan kepada para pemimpin negara pada pelaksanaan KTT G20 di Bali.

Jakarta dan Bandung terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan KTT Y20 yang merupakan engagement group dari Presidensi G20. Puncak KTT Y20 akan dilaksanakan di Jakarta dan Bandung pada 17-24 Juli 2022.

Indonesia melalui Presidensi G20 akan mendorong pembangunan berkelanjutan bagi negara-negara berkembang.(R/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)