Delegasi Budaya Taiwan Semarakkan Tahun Baru Imlek di Jakarta

Jakarta, MINA – Rombongan delegasi Seni dan Budaya Perayaan Festival Musim Semi 2020 (Lunar New Year Goodwill Mission) di bawah Komite Urusan Komunitas Warga Diaspora Tionghoa OCAC- sedang melakukan tur pertunjukan di beberapa Negara, dalam rangka menyemarakkan .

Pimpinan rombongan delegasi, Chang Liang Ming menjelaskan, pertunjukan dari (FOCA) itu digelar di empat negara dan delapan kota di Asia, yakni Jepang, Filipina, Malaysia, dan Indonesia sejak 27 Januari-13 Februari 2020.

Pertunjukan yang memadukan akrobatik dengan aneka tarian, seni drama, dan menyanyi ini mengangkat tema “Leaping Taiwan (Melompati Taiwan).”

Pertunjukan di Jakarta sendiri digelar Rabu malam (12/2), dihadiri ratusan diaspora Tionghoa di Indonesia dan para undangan.

“Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pertukaran seni dan budaya antarnegara,” ujar Chang yang ditemui sesaat sebelum pertunjukan dimulai.

Acara di Jakarta sendiri terselenggara atas kerja sama asosiasi pengusaha Taiwan di Jakarta (Jakarta Taiwan Enterpreneur Association) dan Ikatan Citra Alumni Taiwan Indonesia (ICATI Jakarta).

Kepala Taipei Economic and Trade Office (TETO), John Chen menyebut pertunjukan tersebut merupakan bagian dari mensukseskan program “Kebijakan Baru ke Arah Selatan Taiwan” yang menitikberatkan pada hubungan antar sesama manusia yang saling menguntungkan.

“Melalui pertunjukan dan kerjasama kesenian ini, diharapkan dapat meningkatkan persahabatan antara msyarakat Taiwan dan Indonesia,” pungkasnya.

Formosa adalah nama lain dari Taiwan, dari bahasa Portugal dengan arti yang sangat Indah. Sirkus Formosa merupakan representasi dari keberagaman budaya dan suku di Taiwan, wujud kolaborasi dari kebudayaan tradisional, kebudayaan lokal, kebudayaan jalanan dan seni pertunjukan, yang menampilkan sirkus modern dengan ciri khas Taiwan.(L/R1/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)