Delegasi Teknik Mesir Tiba di Gaza untuk Tindak Lanjut Rekonstruksi

Gaza, MINA – Delegasi teknik Mesir tiba di Jalur Gaza melalui perbatasan Rafah, Kamis (16/9) malam.

Delegasi Mesir ini akan berada di Gaza selama sekitar dua pekan, untuk menindaklanjuti  perencanaan rekonstruksi Gaza yang akan dibantu Mesir.

Sebelumnya menurut sumber yang dikutip Safa, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan di Gaza mengumumkan, delegasi teknik Mesir akan mengunjungi Jalur Gaza, untuk mempersiapkan rekonstruksi dari apa yang dihancurkan oleh “Israel” selama agresi baru-baru ini.

Kunjungan ketiga sejak agresi ini yang dihentikan melalui mediasi Mesir pada 21 Mei silam, setelah 11 hari penyerangan Israel yang mengakibatkan kematian 260 warga Palestina, ribuan luka-luka, dan kehancuran besar-besaran.

Delegasi teknik mengunjungi sektor tersebut pada tanggal 4 dan 13 Juni, dan membawa 51 peralatan dan mesin Mesir, termasuk truk, ekskavator, penyapu, konveyor, dan derek, masing-masing disertai oleh seorang operator.

Mesir berjanji untuk menyiapkan 500 juta dolar AS untuk memulai proses rekonstruksi di Gaza.

Menurut statistik pemerintah, selama agresi Israel terakhir, 1.447 unit rumah dan 205 rumah hancur total, sementara 13.000 unit rumah rusak.

Tentara pendudukan juga menghancurkan puluhan kantor pusat pemerintah dan swasta, dan ratusan fasilitas pertanian. (T/B04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)