Demo Mahasiswa pro Palestina Meningkat di Kampus-Kampus Amerika dan Eropa

Mahasiswa dari Universitas Sciences Po di Paris, Prancis, menggelar unjuk rasa mendukung Palestina pada Jumat, 26 April 2024. (Foto: Euronews)

Paris, MINA – Demo mahasiswa mengenai agresi Israel di Gaza meluas di Eropa pada hari Jumat (26/4) ketika para aktivis mahasiswa di Inggris dan Perancis mengikuti jejak demonstrasi kampus yang menyebar di Amerika.

Para pengunjuk rasa di Paris memblokir pintu masuk ke elit Sciences Po pada hari Jumat, menolak untuk mundur setelah “pendudukan” tenda dibubarkan oleh polisi sehari sebelumnya.

Aktivis di University College London merencanakan unjuk rasa atas nama “gerakan mahasiswa global untuk ”, mengambil inspirasi dari protes di Universitas Columbia di New York.

Sekelompok mahasiswa di kedua kota tersebut menuntut agar pimpinan universitas memutuskan hubungan dengan Israel dan memberikan kebebasan kepada pengunjuk rasa .

Baca Juga:  Fenomana Gelombang Panas, Ini Pendapat Aktivis Lingkungan Dr. Sharifah Mazlina

Di Berlin, 150 petugas polisi melarang kamp protes yang didirikan di dekat parlemen Jerman, dengan alasan pelanggaran pidana berulang kali. Tidak jelas apakah aktivis tersebut adalah mahasiswa.

Sementara itu, kerusuhan di AS yang dipicu oleh pendudukan tenda di Columbia terus menyebar, dengan lebih dari 200 orang ditangkap semalaman di kampus-kampus yang melakukan protes di Los Angeles, Boston dan Austin. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.