Demokrat Tuntut Trump untuk Bantu Gaza dan Cabut Blokade

Washington, MINA – Partai Demokrat di parlemen Amerika Serikat (AS) mendesak pemerintahan Presiden Donald Trump untuk mengembalikan bantuan AS ke Jalur Gaza, karena alasan krisis kemanusiaan.

Mengutip media Al-Ray, Kamis (20/2), setidaknya 31 politisi Demokrat yang dipimpin oleh Mark Buchan dan wakilnya Deby Dingle, menyurati Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo meminta agar mengambil “tindakan segera” untuk mendapatkan kembali dana bantuan.

Dalam surat tertanggal Rabu (19/2) itu, anggota parlemen menulis, “Kami mendesak kepada pemerintah agar mengambil tindakan segera untuk meringankan krisis kemanusiaan di Gaza, dan untuk mencari solusi bagi kebijakan blokade, yang telah mengakibatkan krisis kemanusiaan dan keamanan ini.”

Dalam pesan surat itu, Demokrat menunjuk pada kemerosotan terus-menerus infrastruktur air dan listrik serta kemunduran dalam sistem medis, kebutuhan layanan ekonomi dan layanan sosial dasar lainnya, serta memperingatkan bahwa itu akan menyebabkan keruntuhan total di Gaza.

Sebelumnya seorang pejabat AS mengatakan awal bulan ini, pemerintah AS telah menangguhkan bantuan kepada Palestina di Gaza dan Tepi Barat.

Partai Demokrat telah mengkritik pemotongan dana, dengan mengatakan mereka akan lebih menekan PBB dan kelompok-kelompok bantuan yang ingin memberikan akses kebutuhan air, makanan, pekerjaan dan perawatan kesehatan.

Mereka menekankan, krisis di Gaza itu dapat dihindari dengan melanjutkan bantuan bilateral AS ke Gaza, selain itu juga mendanai Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA). (T/B04/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments are closed.