Demonstrasi Anti-Netanyahu Terus Berlangsung Selama Tiga Pekan Berturut-turut

Puluhan ribu Warga Israel menggelar protes kepemimpinan PM Benjamin Netanyahu di Tel Aviv. (Foto: Istimewa).

Tel Aviv, MINA – Selama tiga pekan berturut-turut, puluhan ribu turun ke jalan di Tel Aviv menentang reformasi sistem peradilan yang diusulkan oleh pemerintah baru Israel, yang dipimpin oleh .

Protes kecil lainnya juga terjadi di Haifa dan di Yerusalem yang diduduki, serta di banyak lokasi lain di seluruh wilayah, menurut laporan Israel. Wafa melaporkan, Sabtu (21/1).

Dalam rapat umum Tel Aviv, politisi yang hadir termasuk pemimpin oposisi dan mantan perdana menteri Yair Lapid serta Benny Gantz, mantan menteri perang dan perdana menteri pengganti.

Awal bulan ini, Yariv Levin, Menteri Kehakiman di pemerintahan sayap kanan Benjamin Netanyahu, mengumumkan rencana untuk menyerahkan lebih banyak kekuasaan kepada anggota parlemen dalam menunjuk hakim dan mengesampingkan keputusan Mahkamah Agung.

Kritikus percaya reformasi Levin akan melumpuhkan independensi peradilan, mendorong korupsi, mengatur kembali hak-hak minoritas dan membahayakan kredibilitas sistem pengadilan. Di antara mereka yang menentang adalah ketua Mahkamah Agung dan jaksa agung negara itu, sementara para kritikus mengatakan Mahkamah Agung terlalu menjangkau dan tidak mewakili pemilih.

Gerakan Bendera Hitam mengatakan awal bulan ini, Netanyahu mendorong reformasi untuk menghindari kemungkinan dampak dari persidangan korupsi yang sedang berlangsung, dia menghancurkan institusi demokrasi dengan merusak sistem peradilan dan berkampanye melawan Hakim Pengadilan Tinggi. (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.