Desa Tepi Barat Rayakan Penggantian Kabel Listrik Bantuan Jepang

Duta Besar untuk Urusan dan Perwakilan untuk Palestina, Takeshi Okubo (Dok UNDP)

 

Nablus, MINA – Warga di Desa Yatma, kawasan Nablus, Tepi Barat, Palestina, menyambut gembira selesainya proyek penggantian kabel   sepanjang 8 kilometer, bantuan Pemerintah Jepang bernilai Rp. 1,1 miliar lebih.

Duta Besar Jepang untuk Palestina, Takeshi Okubo, mengunjungi Yatma untuk merayakan selesainya proyek tersebut yang didanai oleh Pemerintah Jepang melalui GGP (Grant Assistance for Grassroots Human Security Projects), Wafa Rabu (16/8) melaporkan.

Dalam sambutannya, Okubo menekankan komitmen kuat Jepang untuk mendukung rakyat Palestina dari perspektif keamanan manusia dan juga pentingnya menerapkan proyek pembangunan sosial dan ekonomi yang dibutuhkan masyarakat Palestina.

Bantuan senilai 83.260 dolar AS (sekitar 1,1 miliar rupiah) digunakan untuk mengganti total 8 km kabel listrik bawah tanah guna memperbaiki penyediaan listrik dan lingkungan tempat tinggal.

Setelah menyelesaikan proyek ini, sekitar 3.462 penduduk dari 625 rumah tangga akan mendapatkan keuntungan dari jaringan listrik yang aman dan membaik.

Sejak tahun 1993 Pemerintah Jepang telah memperpanjang bantuan pembangunan resminya kepada orang-orang Palestina menjadi sekitar 1,8 miliar dolar AS (sekitar 24 triliun rupiah).

Proyek GGP telah diformulasikan dalam kerjasama dengan Otorita Palestina melalui Kementerian Keuangan dan Perencanaan sejak 2010. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.