Desanya Dibakar, Ratusan Warga di Myanmar Sembunyi di Hutan

Magway, MINA – Ratusan warga Desa Kinma, Magway, Myanmar, bersembunyi di hutan setelah rumah mereka dibakar oleh junta militer pada Selasa (15/6).

Media lokal Myanmar Now melaporkan, militer membakar 200 dari 230 rumah di desa tersebut setelah bentrok dengan pejuang perlawanan lokal di luar desa.

Seorang warga Desa Kinma mengungkapkan, beras dan tanaman yang disimpan di rumah penduduk juga hangus terbakar.

“Penduduk desa masih sangat takut untuk kembali,” kata warga desa yang tidak ingin disebutkan namanya, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Sabtu (19/6).

Menurut dia, sekitar 800 warga desa tidak tahu bagaimana mereka membangun kembali hidupnya setelah rumah, tanaman, dan hewan ternak mereka hancur.

Myanmar diguncang kudeta militer pada 1 Februari dengan menggulingkan pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi.

Militer berdalih pemilu yang mengantarkan Suu Kyi terpilih dengan suara terbanyak penuh kecurangan.

Hingga 17 Juni 2021, Asosiasi Pendamping untuk Tahanan Politik (AAPP) melaporkan pasukan junta telah menewaskan 865 orang sejak kudeta militer. (T/R5/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.