Deteksi Kanker Payudara, MER-C Kirim Alat Mammography untuk Gaza

Gaza, MINA – Lembaga medis kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee () mengirim alat mammography untuk mendeteksi kanker payudara pada rakyat Gaza.

Satu set alat kesehatan senilai 67.500 dolar AS (setara lebih dari Rp900 juta) sumbangan dari rakyat Indonesia melalui MER-C, telah tiba di pada 13 November lalu.

Alat tersebut dapat melengkapi fasilitas kesehatan di Jalur Gaza bagian selatan, yaitu Al Rahma Medical Center di Khan Younis.

Menurut dr. Arief Rachman anggota Presidium MER-C sekaligus Tim Pengadaan Alat Kesehatan RS MER-C mengatakan, mammogram adalah alat radiologi yang dapat digunakan untuk screening dan diagnosis kelainan di payudara, terutama kanker.

Ia menjelaskan, selain mammogram, alat radiologi lain berupa CR (Computed Radiography) juga disumbangkan untuk memodernisasi sistem radiologi di fasilitas kesehatan tersebut. Kedua alat kesehatan ini diproduksi dan diimpor langsung dari Eropa melalui supplier lokal di Gaza.

“Dengan sistem digital ini, diharapkan layanan radiologi di Al Rahma Medical Center semakin efisien dan maju,” katanya.

Kementerian Kesehatan Palestina mengungkapkan bahwa dari 3.927 kasus kanker baru pada tahun 2015, kanker payudara menempati urutan teratas, pada wanita kanker jenis ini juga menjadi penyebab kematian tertinggi.

“Bantuan alat mammography sangat bermanfaat membantu program kami melakukan penyadaran mengenai kanker payudara dan membantu wanita Gaza mendapatkan akses pemeriksaan untuk deteksi dini kanker” kata Jamal perwakilan dari Al Rahma Charity Association.

Ia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat Indonesia atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan.

“Bantuan ini akan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan khususnya kepada warga di Jalur Gaza bagian Selatan. Kami berdoa kepada Allah Subhanallahu Wa Ta’ala semoga menerima kebaikan masyarakat Indonesia dan menjadi catatan di hari akhir,” tambahnya.

Adapun dukungan dan donasi dari para donatur yang ingin menyalurkan ke amanah Kemanusiaan Gaza lainnya seperti bantuan musim dingin, bantuan paket sekolah, program ifthar dan bantuan logistik untuk Ramadhan dan Idul Fitri dapat disalurkan melalui; BCA, 686.033.5555; Bank Mandiri, 124.000.3753.754; BSM, 700.290.5803, atas nama: Medical Emergency Rescue Committee Info: Call Center: 0811990176. (R/R10/RI-)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.