Dewan Dakwah Kirim 82 Da’i ke Pedalaman 23 Provinsi

Jakarta, MINA – Sebanyak 82 da’i Alumnus STID Mohammad Natsir  akan melaksanakan pengabdian dakwah di pedalaman-pedalaman Nusantara di 23 pr0vinsi.

Mereka dilepas secara simbolik oleh Ketua Umum Dewan Da’wah Mohammad Siddik di Masjid Al-Furqon Dewan Da’wah, Jalan Kramat Raya 45 Jakarta Pusat, Jumat (9/11).

Para Da’i akan mengisi pos-pos dakwah di 23 provinsi untuk membimbing masyarakat setempat, baik dalam hal ibadah, sosial, maupun ekonomi, yakni Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, NTB, NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Mohammad Siddik menyematkan sorban kepada 10 Da’i perwakilan sebagai tanda resmi dilepasnya 82 Da’i-Da’iyah untuk menjalankan tugas dakwah selama satu tahun ke depan.

“Alhamdulillah di hari yang mulia ini, kita semua mendapat kehormatan untuk melepas Da’i yang telah belajar selama 4 tahun di STID Mohammad Natsir, yang a misi utamanya untuk mengemban amanah dakwah,” ujar Siddik.

Ia menambahkan, tugas ini merupakan kesempatan berharga yang tidak mudah didapatkan oleh banyak orang.

“Tidak ada hidup yang lebih mulia melainkan meneruskan risalah dakwah. Ini menjadi kesempatan yang tidak mudah didapatkan oleh siapapun juga,” papar Siddik

Ia berpesan agar selama masa pengabdian Da’i dapat membuat sesuatu yang konkret, yaitu infrastruktur dakwah.

“Dalam bertugas di daerah, usahakanlah membangun sesuatu yang konkret, yang dibangun dengan partisipasi masyarakat setempat, baik sebuah pesantren, rumah tahfidz, SD, TPA, PAUD, perpustakaan, Masjid, atau Majelis Taklim. Hendaklah ini menjadi suatu hal pasti yang saudara kerjakan di lapangan,” pesannya.

Selain itu, Ketua STID Mohammad Natsir Dwi Budiman Hakim berharap dan mendoakan para Da’i agar dapat menjalankan dakwah dengan sebaik-baiknya.

“Dewan Da’wah dan STID Mohammad Natsir mengucapkan selamat kepada Da’i Alumni STID Mohammad Natsir yang sebentar lagi akan segera bertugas di lapangan. Mudah-mudahan Allah SWT senantiasa memberikan pertolongan dan ketabahan pada ujian-ujian dakwah yang akan dihadapi,” ungkap Dwi Budiman yang mendampingi Mohammad Siddik melepas Alumnus STID Mohammad Natsir angkatan VII.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Paragon yang sampai saat ini terus berkontribusi dan memberikan dukungan kepada dewan da’wah untuk mengirimkan Da’i ke pedalaman,” kata MC Hairul Anwar.

Setelah penyematan dilaksanakan, Maybank Syariah menyerahkan secara simbolik wakaf 2.250 Al-Quran untuk Muslim di pedalaman Indonesia kepada Da’i Dewan Da’wah.

STID Mohammad Natsir didirikan oleh Dewan Dakwah Islam Indonesia. Mohammad Natsir adalah pendiri dan pemimpin pertama DDII. Natsir sebelumya pernah menjadi Ketua Umum Partai Islam Masyumi (partai yang mengungguli pemilu pertama tahun 1955 dengan PNI), Perdana Menteri, Wakil Presiden Muktamar Alam Islamy dan ain-lain. Natsir adalah salah seorang pahlawan nasional. (R/R10/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)