Dewan Keamanan PBB Bahas Situasi Timur Tengah, Khusus Palestina

New York, MINA – Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa bersidang pada Jumat (29/12)  untuk membahas situasi di , khususnya .

Berdasarkan laporan Kantor Berita Palestina WAFA, Wakil Kepala Urusan Politik Timur Tengah di PBB Khaled Khiari mengatakan, situasi yang memprihatinkan dan memburuk di wilayah tersebut.

“Mengulangi seruan Sekretaris Jenderal PBB untuk segera melakukan gencatan senjata di Gaza karena alasan kemanusiaan,” ucap Khiari, demikian keterangan yang dikutip MINA.

Pejabat PBB tersebut memperingatkan risiko eskalasi konflik regional yang terus berlanjut, dengan potensi dampak buruk bagi seluruh wilayah, mengingat keterlibatan banyak pemangku kepentingan.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres juga menyatakan keprihatinan yang mendalam mengenai berlanjutnya konflik dan perluasan regional, serta memperingatkan potensi konsekuensi yang merusak bagi seluruh wilayah.

Dalam sebuah pernyataan, Guterres menunjuk pada risiko konflik regional yang lebih luas, semakin lama konflik di Gaza berlangsung, mengingat bahaya eskalasi dan kesalahan penilaian oleh banyak pihak.

Ia mengatakan,  peningkatan kekerasan di Tepi Barat yang diduduki, termasuk peningkatan operasi oleh pasukan pendudukan Israel, peningkatan jumlah korban jiwa, dan kekerasan pemukim, sangat mengkhawatirkan. (T/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.