Dewan Kerjasama Teluk Surati AS Atas Komentar Menteri Israel Tentang Palestina

Riyadh, MINA – Dewan Kerjasama Teluk mengatakan pada Ahad (27/3) bahwa pihaknya telah menyurati Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengutuk komentar kontroversial yang dibuat oleh menteri keuangan yang menyangkal keberadaan rakyat .

Sekretaris Jenderal Jassem Mohamed Albudaiwi mengatakan, para menteri luar negeri Dewan Kerjasama Teluk (GCC) telah mengirimkan surat bersama, yang mewujudkan posisi para pemimpin negara-negara GCC terkait perjuangan Palestina, Saudi Press Agency melaporkan.

Dalam surat tersebut, GCC meminta Washington “untuk memikul tanggung jawabnya dalam menanggapi semua tindakan dan pernyataan yang menargetkan rakyat Palestina,”.

GCC juga meminta AS memainkan perannya dalam mencapai solusi yang adil, komprehensif dan langgeng untuk konflik Israel-Palestina..

Albudaiwi menekankan dalam sesi ke-155 Dewan Menteri GCC bahwa dukungan GCC untuk kedaulatan rakyat Palestina atas semua tanah Palestina yang diduduki sejak Juni 1967, pembentukan negara Palestina merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya, yang menjamin semua hak sah saudara-saudara Palestina, dan menolak pemukiman di tanah Palestina yang diduduki.

Ia menambahkan bahwa surat itu memuji posisi Amerika yang menolak pernyataan Menteri Keuangan sayap kanan Israel Bezalel Smotrich.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan, mereka telah menemukan komentar Smotrich “tidak hanya tidak akurat tetapi juga sangat memprihatinkan dan berbahaya.”

Smotrich adalah bagian dari pemerintahan kanan keras pemimpin veteran Israel Benjamin Netanyahu yang mulai menjabat pada bulan Desember lalu. (T/R6/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.