Dewan Menteri Komunikasi Arab Setujui Yerusalem Sebagai Ibukota Digital

Kairo, MINA – Dewan Menteri Komunikasi Arab menyetujui kota Yerusalem sebagai “Ibukota tahun 2023”.

Hal itu disampaikan Menteri Komunikasi Mesir Amr Talaat pada sidang pertemuan Dewan Menteri Komunikasi dan Informasi Arab negara-negara Arab sesi ke-26, di Kairo, Senin (23/1/2023).

Menteri Komunikasi dan Informatika Otoritas Palestina yang hadir dalam pertemuan tersebut, Yitzhak Sidr, mengatakan Otoritas Palestina sangat memperhatikan sektor komunikasi dan teknologi informasi, dan terus berupaya untuk mengembangkannya meskipun menghadapi berbagai tantangan.

Dia menekankan, delegasi Palestina berkomitmen untuk selalu hadir pada semua pertemuan Arab bersama negara-negara persaudaraan, dan sangat menghargai upaya negara-negara Arab yang menempatkan masalah Palestina sebagai prioritas, terutama Yerusalem (Al-Quds).

Dia menyerukan pengaktifan koordinasi untuk memecahkan masalah interferensi frekuensi radio oleh stasiun radio Israel.

Dia juga mengharapkan peralatan layanan radio dan pemancar layanan siaran, dan dukungan operator seluler dan darat di Area C dan daerah terpinggirkan.

Menteri Yitzhak Sidr juga menyerukan perubahan penamaan zona waktu menjadi “Waktu Yerusalem Timur”.

Dia menekankan pentingnya memperkuat kerja sama Arab dalam pembuatan dan pengayaan konten digital berbahasa Arab, dan menyebarkan budaya keamanan dunia maya dan tata kelola internet.

“Kami membutuhkan kerja sama Arab untuk mendukung Yerusalem dan perjuangan rakyat Palestina, mengingat tindakan pendudukan yang semakin represif,” ujarnya.

Kairo kemarin menjadi tuan rumah pertemuan Dewan Menteri Komunikasi dan Informasi Arab, yang diselenggarakan oleh Sekretariat Teknis Liga Negara Arab. Pertemuan dihadiri perwakilan negara-negara anggota Kantor Eksekutif, yang meliputi delapan negara: Mesir, Arab Saudi, Maroko, Palestina, Tunisia, Aljazair, Mauritania dan Yaman, di kantor pusat Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi Mesir di Desa Pintar. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency(MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.