Dewan Militer Sudan Menghendaki Syariah Islam Jadi Sumber Hukum

Khartoum, MINA – Penguasa mengatakan pada hari Selasa (7/5), mereka umumnya setuju dengan proposal yang dibuat oleh para pemimpin protes tentang struktur pemerintahan sementara, tetapi menghendaki dan norma-norma lokal menjadi sumber rujukan .

Para pengunjuk rasa yang berbulan-bulan melakukan demonstrasi di jalan memaksa Presiden Omar al- memenuhi tuntutan mereka untuk perubahan, menyerukan kepada para perwira militer, yang mengambil alih, untuk menyerahkan kekuasaan kepada warga sipil.

Menanggapi draf dokumen konstitusi yang diajukan oleh koalisi kelompok-kelompok protes dan partai-partai politik, Dewan Militer Transisi (TMC) yang berkuasa mencatat bahwa dokumen tersebut telah menghilangkan hukum Syariah.

“Pandangan kami adalah bahwa Syariah Islam dan norma-norma serta tradisi setempat di Republik Sudan harus menjadi sumber legislasi,” kata juru bicara TMC Letnan Jenderal Shams El Din Kabbashi kepada wartawan, Alarabiya yang dikutip MINA melaporkan.

Dia juga mengatakan, dewan percaya bahwa kekuatan untuk menyatakan keadaan darurat di negara itu harus diserahkan kepada otoritas yang berdaulat, bukan kabinet seperti yang disarankan oposisi. Masa transisi harus berlangsung dua tahun, bukan empat tahun, yang merupakan proposal oposisi, katanya.

Diskusi dengan pihak oposisi sedang berlangsung, tetapi menyebut pemilihan awal dalam waktu enam bulan akan menjadi pilihan jika mereka tidak dapat mencapai kesepakatan, kata Kabbashi.

Mantan kepala intelijen Salah Gosh berada di bawah tahanan rumah, ia menambahkan.

Anggota dewan lainnya mengatakan lebih dari empat anggota TMC telah mengundurkan diri dan bahwa TMC sedang membongkar sebuah kelompok milisi tidak resmi, yang dikenal sebagai Keamanan Rakyat, yang dioperasikan oleh partai Bashir.

Ini terjadi setelah pasukan Sudan menyita bahan peledak, senjata termasuk senapan yang dilengkapi dengan peredam suara, perangkat yang digunakan untuk meledakkan dari jarak jauh dan telepon satelit dalam penggerebekan sebuah properti di ibukota Khartoum, Senin (6/5).

TMC mengatakan pada hari Selasa (7/5) bahwa senjata-senjata itu milik Keamanan Rakyat.

Deklarasi Kebebasan dan Pasukan Perubahan, aliansi aktivis dan kelompok oposisi, mengirim rancangan dokumen konstitusional ke dewan militer pada hari Kamis yang menguraikan visinya untuk periode transisi.

Sebelumnya pada hari Selasa, kelompok utama mempelopori protes di Sudan mengatakan, bahwa TMC telah menanggapi rencananya untuk struktur pemerintahan sementara, dan akan mengumumkan posisinya setelah mempelajari jawabannya.

Amjad Farid, juru bicara Asosiasi Profesional Sudan (SPA), yang telah memainkan peran utama dalam protes, mengatakan dewan telah mengirim balasan tertulis.

“Kami akan mempelajari tanggapannya dan akan mengumumkan posisi kami nanti,” kata Farid kepada wartawan.

Draf konstitusi menggambarkan tugas dewan transisi yang berdaulat yang kelompok oposisi harapkan akan menggantikan TMC tetapi tidak menentukan siapa yang akan duduk di atasnya. Ini juga menguraikan tanggung jawab Kabinet dan 120 anggota legislatif.

Militer mengkudeta Bashir pada 11 April setelah berbulan-bulan demonstrasi menentang pemerintahannya yang sudah berkuasa selama 30 tahun. (T/B05/RI-1)

Mi’raj news Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.