Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dewan SDA Jateng Dikukuhkan: Fokus Utama pada Ketersediaan Air untuk Pertanian

Zaenal Muttaqin Editor : Widi Kusnadi - 19 detik yang lalu

19 detik yang lalu

0 Views

Sekda Prov Jateng, Sumarno menyalami Dewan SDA yan baru dilantik (Foto: Diskominfo Jateng/MINA)

Semarang, MINA – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Sumarno, mengukuhkan 43 anggota Dewan Sumber Daya Air (SDA) Jateng periode 2024-2029 di Gedung B Kantor Setda Provinsi Jawa Tengah, Kamis (26/9).

Dewan SDA ini terdiri dari 22 anggota dari pemerintah daerah dan 21 anggota dari nonpemerintah. Tugas utama mereka adalah mengelola sumber daya air untuk memastikan kebutuhan air di Jawa Tengah tercukupi, terutama untuk sektor pertanian yang menjadi penopang ketahanan pangan daerah.

“Saya berharap ketersediaan air di Jawa Tengah bisa mencukupi seluruh kebutuhan, termasuk yang paling penting untuk pertanian,” ujar Sumarno seusai acara pengukuhan.

Sumarno menekankan, Dewan SDA menghadapi tantangan besar, mengingat dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045, Jawa Tengah ditetapkan sebagai lumbung pangan nasional.

Baca Juga: Menlu Retno Serukan Kepemimpinan yang Inklusif untuk Perdamaian Dunia

Oleh karena itu, pengelolaan air, khususnya untuk irigasi, menjadi prioritas agar produktivitas pertanian tetap optimal.

“Sebagai daerah penopang pangan nasional, ketersediaan air untuk irigasi sangat krusial. Dewan SDA harus mampu merumuskan kebijakan yang memastikan distribusi air dapat memenuhi kebutuhan pertanian, rumah tangga, dan industri secara seimbang,” jelas Sumarno.

Ia juga menyoroti berbagai tantangan lingkungan yang berdampak pada ketersediaan air, seperti kerusakan hutan, aktivitas galian C, dan perubahan iklim.

Menurutnya, Dewan SDA perlu merumuskan langkah mitigasi untuk menjaga kelestarian sumber daya air di seluruh wilayah, baik di bagian hulu maupun hilir.

Baca Juga: Rektor Universitas Moestopo Sampaikan Tantangan Pemerataan Dokter Gigi di Indonesia

“Kita harus benar-benar memperhatikan sumber daya air agar mencukupi kebutuhan pertanian, terutama irigasi, yang akan berkontribusi pada peningkatan produksi pangan di Jawa Tengah,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sumarno juga mengingatkan pentingnya kesesuaian antara pembangunan dan rencana tata ruang, guna menjaga keseimbangan lingkungan.

“Kita harus memastikan pembangunan yang kita lakukan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan, sehingga ketersediaan air tetap terjaga demi mendukung sektor pertanian dan kebutuhan lainnya,” tutupnya. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: BPKH Ajak Masyarakat Daftar Haji di Usia Muda

TagAir

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Kolom
Indonesia
Internasional
Internasional