Dharma Wanita Kemenag Aktif Cegah Korupsi Melalui Gerakan SPAK

Depok, MINA – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama aktif menggelar kegiatan pencegahan melalui gerakan “Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK)”. Saat ini gerakan SPAK telah menjadi jantung pencegahan korupsi di lingkungan .

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Kemenag M. Nur Kholis Setiawan saat membuka kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Program Pencegahan Korupsi SPAK di Depok, Jawa Barat, Rabu (21/11).

“SPAK menjadi piranti yang strategis untuk mendesiminasi nilai-nilai anti korupsi,” katanya.

Geliat SPAK mulai dari satuan kerja terkecil hingga unit eselon 1 Pusat, menurutnya menjadi faktor yang tidak bisa dipisahkan dari keberhasilan pencegahan korupsi di Kemenag.

“SPAK sendiri merupakan salah satu dari 15 program pencegahan korupsi yang telah dilakukan Kemenag,” kata Nur Kholis yang juga sebagai Pelaksana tugas Inspektur Jenderal Kemenag.

Dalam evaluasi yang akan berlangsung selama tiga hari, 21-23 November 2018 ini, Nur Kholis berharap Kemenag dapat melakukan dua hal. Pertama, melihat bagaimana perkembangan kegiatan SPAK setelah dilakukan training of trainer (TOT) pada Maret 2018 lalu.

What we have done? Mari kita saling sharing bersama di kegiatan ini,” pesan Nur Kholis.

Kedua, melalui evaluasi yang dilakukan diharapkan dapat menghasilkan strategi untuk melakukan diseminasi nilai anti korupsi yang lebih luas dan berkualitas di lingkungan Kemenag. “Bagaimana caranya kita memperluas diseminasi serta cara-cara untuk memperbanyak agen SPAK di seluruh Indonesia,” imbuh Nur Kholis.

Sebelumnya Sekretaris Inspektorat Jenderal M.Thambrin menjelaskan, evaluasi diikuti oleh agen-agen SPAK Kemenag yang juga merupakan anggota DWP Kemenag. “Mereka yang hadir di sini merupakan agen-agen SPAK yang berasal dari 34 Kanwil Provinsi dan 11 unit eselon I Pusat,” jelas Thambrin.

Hadir juga Penasehat DWP Kemenag Trisna Willy Lukman Hakim Saifuddin, perwakilan Australia Indonesia Partnership for Justice (AIPJ) dan perwakilan Komisi Pemberantasan Korupsi RI (KPK RI) (R/R03/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)