Di ajang CFW, MUI Sesalkan Ada Perilaku Menjurus LGBT

Jakarta, MINA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyesalkan adanya perilaku menjurus promosi ide dan gerakan Lesbian, Gay, Biseksual, Dan Transgender (LGBT) di ajang Citayam Fashion Week (CFW).

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (27/7), menyebutkan, dampak fenomena CFW juga tidak melulu negatif.

“Karena itu, tidak bisa secara langsung menyalahkan peserta yang masih muda-muda tersebut. Untuk itu dari kasus CFW ini, kami menilai, otokritik mesti berani disampaikan kepada para orang tua agar masing-masing mengetahui letak titik lemahnya selama ini sehingga remaja tersebut ada yang berperilaku negatif,” kata Buya Anwar.

Lanjut katanya, jadikan ini sebagai dasar dalam melakukan langkah-langkah pembenahan, agar kita bisa membuat mereka untuk tampil lebih baik dan lebih positif bagi kehidupan mereka dan bangsa ini ke depannya.

Buya Abbas mengimbau orang tua mengevaluasi diri sendiri dalam cara pengendalian perilaku negatif remaja peserta CFW seperti laki-laki berdandan seperti wanita dan lainnya.

“Karena apa yang mereka lakukan tersebut jelas tidak terlepas kaitannya dengan apa yang telah kita perbuat dan kita (orang tua) lakukan terhadap mereka,” kata Abbas.

Menurut Abbas, mungkin selama ini orang tua terlampau sibuk dengan usaha dan kegiatan yang dilakukan secara individual maupun secara sosial. Akibatnya, pendidikan dan pembentukan karakter remaja tersebut mungkin menjadi kurang diperhatikan.

“Terhadap pemerintah, kami mendukung adanya tindakan segera terhadap praktik-praktik tidak terpuji dan bertentangan dengan ajaran agama dan falsafah bangsa di ranah publik,” imbuhnya.

Ia juga menambahkan, kalau ada tindakan peserta CFW yang salah dan/atau tidak pada tempatnya, maka sebagai generasi yang lebih tua, termasuk juga pemerintah tentu harus mau mengevaluasi dan menertibkan.

“Kalau yang positif tentu kita dukung tapi kalau yang negatif, tentu harus kita hentikan. Kami meminta pemerintah agar dalam hal ini (perilaku menjurus promosi LGBT di CFW) harus bertindak tegas untuk mencegah dan melarangnya,” tegas Abbas. (R/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)