Di Kolombia, Anies Mau Bawa Jakarta Jadi Rujukan Global

Medellin, MINA – Hadir diundang dalam Forun Wali Kota KTT Kota Dunia (WCSMF) ke-10 di Plaza Mayor Medellín Conventions and Exhibitions, Medellin, Kolombia, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bermaksud menjadikan kotanya sebagai rujukan global.

“Jakarta hadir bukan hanya untuk menjadi contoh di tingkat nasional, namun juga rujukan di tingkat global,” jelas Anies dalam keterangan resminya, Selasa (9/7/2019), demikian dikutip dari Bisnis.com.

Pada tahun ini, WCSMF digelar pada 10-12 Juli 2019.

Dalam KTT yang dihadiri oleh 74 pemimpin kota dunia itu, Anies akan mengisi sesi diskusi kedua dengan tema “Meningkatkan Perlindungan Ekonomi dan Lingkungan”.

“Saat ini, kita tinggal pada era di mana kompetisi di antara kota dan daerah tumbuh dengan pesat. Masing-masing daerah berusaha menarik sumber daya manusia terbaik, mengembangkan infrastruktur yang canggih untuk menjadikan tujuan kota metropolis dunia,” kata Anies.

Dalam sesi diskusi kedua ini, Anies bersama pembicara lainnya akan memperlihatkan bahwa perencanaan merupakan kunci untuk infrastruktur yang efisien, andal, dan tahan bencana.

Anies berharap inovasi dan pengalaman praktik terbaik yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta dalam membangun kepercayaan antara institusi dan masyarakat dapat menjadi referensi dalam hal pembangunan kota pada WCSMF tahun ini.

Apalagi, forum ini juga akan membahas bagaimana kota-kota di seluruh dunia merencanakan perlindungan ekonomi dan lingkungan dalam menghadapi fluktuasi ekonomi yang sulit diprediksi serta kejadian perubahan cuaca ekstrem. (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)