Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikepung Israel, Jenin Kini Kekurangan Makanan dan Air

Arina Islami - Ahad, 1 September 2024 - 23:28 WIB

Ahad, 1 September 2024 - 23:28 WIB

14 Views

Sejak dimulainya serangan Israel pada 28 Agustus, setidaknya 24 warga Palestina di Jenin telah terbunuh, dan puluhan lainnya terluka atau ditahan, menurut kantor berita Wafa.(Foto: Wafa)

Tepi Barat, MINA – Pengepungan Zionis Israel terhadap Kota Jenin di Tepi Barat telah menyebabkan warga Palestina tidak memiliki makanan, air, hingga listrik.

Menurut lembaga amal medis Doctors Without Borders, yang dikenal dengan inisial bahasa Prancisnya MSF, pendudukan Israel menghalangi akses ke fasilitas kesehatan dan menargetkan ambulans.

“Semua kebutuhan pokok (termasuk roti di dalam kamp pengungsi) tidak ada lagi,” kata Taher al-Saadi, seorang penduduk Jenin yang berhasil melarikan diri, kepada Al Jazeera, dikutip Ahad (1/9).

Fayza Abu Jaafar, warga lain yang melarikan diri dari Jenin, mengatakan situasi saat ini sangat sulit bagi anak-anak yang masih terjebak di daerah tersebut, karena mereka takut terhadap kehancuran yang dilakukan oleh pendudukan Israel.

Baca Juga: Komandan Al-Qassam Syahid Akibat Serangan Israel di Lebanon

Militer Zionis Israel kembali mendatangkan pasukannya pada Ahad (1/9) setelah menghancurkan toko-toko dan meratakan jalan-jalan, sambil mencegah puluhan ribu warga sipil Palestina mengakses bantuan kemanusiaan, dalam sebuah langkah yang digambarkan sebagai kejahatan perang.

Israel juga dinilai melakukan kejahatan perang selama serangan militernya yang sedang berlangsung di Gaza.

Menurut pemerintah kota Jenin, tentara Israel telah menghancurkan hampir 70 persen jalan kota dan 20 km (12,4 mil) jaringan air dan pembuangan limbahnya sejak melancarkan serangan pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Akibatnya, 80 persen kamp pengungsi Jenin, yang dihuni 20.000 orang, tidak memiliki akses air, menurut pemerintah Kota Jenin.[]

Baca Juga: Faksi-Faksi Palestina: Tidak Ada Kesepakatan Sampai Agresi di Gaza Berakhir

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Komunitas Palestina di Jerman Unjuk Rasa Kutuk Agresi Israel

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Palestina