Dikti-Kedubes Irlandia Kerja Sama Tingkatkan Kompetensi Dosen Bidang Penelitian

Jakarta, MINA – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti) bekerja sama dengan Kedutaan Besar Irlandia untuk Indonesia menyelenggarakan webinar peningkatan kompetensi dosen di bidang penelitian dan komersialisasi melalui program Talent Scouting, Selasa (9/6).

Webinar bertema ‘Talent Scouting for Indonesian Lecturers with Education in Ireland‘ ini dibuka secara resmi oleh plt. Dirjen Dikti Nizam dan turut dihadiri Duta Besar Irlandia Untuk Indonesia, H.E Olivia Leslie dan Direktur Sumber Daya, Sofwan Effendi.

Kegiatan ini berlangsung dua hari (9-10 Juni 2020) diikuti secara virtual oleh 500 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Program ini merupakan program rutin Direktorat Sumber Daya Ditjen Dikti yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka, tetapi di tengah pandemi Covid-19, program ini dilaksanakan secara virtual.

Dirjen Dikti Nizam dalam sambutannya mengatakan program ini merupakan salah satu implementasi kebijakan Presiden untuk mempersiapkan sumber daya manusia dalam waktu lima tahun ke depan. Hal itu diturunkan ke dalam bentuk kebijakan Menteri Pendidkan dan Kebudayaan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. Mahasiswa diberi kebebasan dalam memilih proses pembelajaran di luar kampus selama 3 semester baik di dunia industri mau pun di lingkungan masyarakat. Sehingga perlu juga penyiapan dosen yang berkualitas dalam membentuk sumber daya manusia.

“Saya mengapresiasi dukungan dari seluruh pihak seperti Duta Besar Irlandia untuk Indonesia, Ibu Olivia, Direktur Sumber Daya, Bapak Sofwan Effendi, kepada kolega dari perguruan tinggi Irlandia dan para dosen dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik karena kita membutuhkan dosen dengan wawasan yang luas dan memahami tantangan global,” ujar Nizam.

Nizam meyakini bahwa program ini mampu meningkatkan kualitas dosen dalam mempersiapkan diri menuju jenjang S3. Nizam berharap para peserta webinar dapat menggunakan webinar ini untuk menggali kesempatan melanjutkan pendidikan tinggi ke perguruan tinggi terbaik di Irlandia untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensinya.

Duta Besar Irlandia untuk Indonesia, Olivia pun turut mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Kami merasa sangat bersyukur karena pemerintah Indonesia dan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi mengizinkan kami bertatap muka dengan para kolega dan dosen dari seluruh Indonesia. Hal yang sangat luar biasa, karena banyak dan antusias peserta mengikuti kegiatan ini,” kata Olivia.

Dubes Irlandia menambahkan Perguruan tinggi Irlandia dalam kesempatan ini akan membantu peningkatan kompetensi dosen dalam bidang penelitian dan komersialisasi. Olivia meyakin bahwa Irlandia memiliki kelebihan dalam bidang tersebut dan ingin berbagi kepada para peserta Talent Scouting saat ini.

“Melalui webinar online ini, kami ingin menunjukkan komitmen kami untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia di Indonesia serta memperkuat hubungan bilateral kedua negara dan memfasilitasi peningkatan kualifikasi dosen di Universitas di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Tinggi Pendidikan melalui Direktorat Sumber Daya,” tambah Olivia.

Talent Scouting for Indonesian Lecturers with Education in Ireland ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama bidang pendidikan tinggi antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Irlandia. (L/R5/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)