Dilarang Israel, Delegasi Parlemen Eropa Batal Kunjungi Palestina

Ramallah, MINA – Rencana kunjungan delegasi Parlemen Eropa ke Palestina dibatalkan setelah Israel melarang masuknya delegasi.

Manu Pineda, Presiden Delegasi Hubungan Uni Eropa-Palestina di Parlemen Eropa, mengatakan misi yang akan dia pimpin ke Palestina, termasuk kunjungan ke Jalur Gaza, dibatalkan setelah Israel tidak mengizinkannya masuk sebagai presiden delegasi, Wafa melaporkan, Senin (23/5).

“Besok saya harus memulai misi dari Parlemen Eropa ke Palestina,” kata Pineda dalam sebuah tweet. “Namun, Israel melarang saya masuk sebagai Presiden Delegasi. Misi telah dibatalkan.”

Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan pada 19 Mei, mereka belum menyetujui kunjungan Pineda.

Sebagai reaksi, Kelompok Sosialis dan Demokrat di Parlemen Eropa mengecam larangan Israel.

“Keputusan otoritas Israel melarang Ketua delegasi Parlemen Eropa untuk hubungan dengan Palestina, Manu Pined, memasuki Palestina tepat sebelum dimulainya misi tidak dapat dibenarkan, keterlaluan dan tidak dapat diterima secara demokratis,” ujar mereka.

Kaum Kiri di Parlemen Eropa juga menambahkan: “Israel menghalangi pekerjaan Parlemen Eropa. menjelang kunjungan yang direncanakan Ketua Delegasi Parlemen untuk hubungan dengan Palestina, Manu Pineda. Delegasi itu juga ditolak aksesnya ke Gaza.”

Presiden Parlemen Eropa, Roberta Metsola, mengatakan dalam sebuah tweet dia menyesali keputusan Israel.

“Saya menyesali keputusan menolak masuknya ke Israel kepada Manu Pineda, Ketua Delegasi Parlemen Eropa untuk hubungan dengan Palestina. Saya akan mengangkat masalah ini secara langsung dengan pihak berwenang terkait. Menghormati anggota parlemen dan Parlemen Eropa sangat penting untuk hubungan baik,” katanya.

Anggota parlemen Irlandia, Chris MacManus, mengatakan dia kecewa tetapi tidak mengherankan bahwa pihak berwenang Israel menolak delegasi Parlemen Eropa yang terdiri dari enam anggota parlemen, termasuk saya, masuk ke Gaza yang juga melarang Ketua kami Manu Pineda masuk ke Palestina.

Margrete Auken, Anggota Parlemen Eropa untuk Partai Hijau, juga mengkritik larangan Israel.

“Skandal besar: Otoritas Israel tadi malam melarang Ketua Delegasi ke Palestina untuk melakukan perjalanan misi ke Palestina yang seharusnya dimulai besok pagi. Sekarang kami membatalkan seluruh misi. Israel tidak dapat memutuskan siapa dari Parlemen Eropa yang dapat pergi.” (T/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.