Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Din Syamsuddin: Agama harus jadi Solusi Kerusakan Peradaban

Widi Kusnadi Editor : Rana Setiawan - 8 jam yang lalu

8 jam yang lalu

0 Views

Prof. Din Syamsuddin. (Foto: dok MINA)

Paris, MINA -Ketua Pusat Dialog dan Kerjasama Antar Peradaban (CDCC) Prof Dr Moh Din Syamsuddin menyatakan, agama harus menjadi solusi bagi kerusakan peradaban dewasa ini.

Din menyampaikan hal itu saat tampil sebagai pembicara pada Konferensi Tahunan Community of Sant’ Egidio di Paris, pada Rabu (25/9).

Konferensi bertema Imagine Peace (Perancis: Imaginer La Paix) dihadiri seribu lebih peserta dari manca negara terdiri dari tokoh agama, cendekiawan, dan mahasiswa.

“Agama-agama belum menampilkan paradigma etiknya untuk perdamaian dan peradaban. Umat beragama masih ada yang berdiam diri terhadap krisis lingkungan hidup, genosida, dan fobia terhadap pemeluk sesuatu agama,” ujarnya.

Baca Juga: Festival Makanan Halal Dunia kembali Digelar di London

Ia menilai dialog antar umat beragama yang marak selama ini terhenti pada kata-kata, kurang berlanjut pada aksi nyata.

Menurutnya, dialog selama ini sesungguhnya masih bersifat dua-tiga monolog. Dialog antar umat beragama perlu bersifat dialogikal, yakni dialog yang berpangkal pada ketulusan, keterbukaan, keterusterangan, untuk penyelesaian masalah.

Harus diakui ada masalah di antara umat berbagai agama berupa persaingan untuk dominasi dan supremasi, akibatnya sesungguhnya ada ketegangan tersembunyi.

Ketegangan itu, menurut Ketua Poros Dunia Wasatiyat Islam, kalau tidak diselesaikan, seperti kesenjangan ekonomi dan ketakadilan politik, akan menjadi bom waktu bagi konflik antar umat berbagai agama.

Baca Juga: Warga Kashmir Berikan Suara dalam Pemilu Daerah

Dari Indonesia, hadir selain Din Syamsuddin, KH Marsudi Syuhud, Wakil Ketua Umum MUI, Prof. Dr. Abdul Mu’ti, Sekretaria Umum PP Muhammadiyah, dan Anik Khamim Thohari, Sekjen Indonesian Conference on Religion for Peace (ACRP). (Kr)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional Serukan Tindakan Kolektif Lawan Israel

Rekomendasi untuk Anda