Diplomasi Indonesia 2021 Dorong Repatriasi Pengungsi Rohingya

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menyatakan, salah satu prioritas kebijakan luar negeri Indonesia tahun 2021 adalah mendorong repatriasi pengungsi Rohingya secara aman, sukarela dan bermartabat.

Ia berharap Comprehensive Need Assesment dapat segera dilakukan oleh Sekretariat ASEAN untuk mendorong terwujudnya hal tersebut.

“Indonesia akan terus berusaha agar terdapat kemajuan penyelesaian isu Rakhine State,” Retno dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) 2021 yang untuk pertama kalinya digelar secara virtual, Rabu (6/1).

Menlu menyatakan, atas dasar kemanusiaan, Indonesia juga telah menampung sementara dua gelombang pengungsi Rohingya dengan jumlah total 396 orang.

Indonesia berharap dengan selesainya Pemilihan Umum di Myanmar komitmen penyelesaian akar masalah dan penciptaan kondisi kondusif di Rakhine State dapat dimulai kembali.

“Myanmar adalah rumah bagi mereka dan dunia berharap mereka dapat pulang dengan sukarela, aman dan bermartabat,” ujarnya. (L/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.