Diplomat-Diplomat Eropa Kunjungi Desa Beita Palestina

Para diplomat Eropa mengunjungi desa Beita, dekat kota Nablus di Tepi Barat utara, Kamis, 5 Agustus 2021. (Wafa)

Nablus, MINA – Menyusul meningkatnya kekerasan pemukim Israel di Tepi Barat, Kepala Misi Eropa dan perwakilan dari negara-negara anggota Konsorsium Perlindungan Tepi Barat (WBPC), serta negara-negara yang berpikiran sama, pada Kamis (5/8) mengunjungi , dekat kota Nablus di Tepi Barat utara.

Selama berbulan-bulan desa Beita berada dalam perjuangan sehari-hari melawan rencana permukiman Israel di tanah desa mereka, Wafa melaporkan.

Delegasi tersebut termasuk Kepala Misi dan perwakilan dari Belgia, Denmark, Uni Eropa, Finlandia, Prancis, Jerman, Italia, Lithuania, Belanda, Norwegia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan Inggris.

Sebuah pernyataan oleh delegasi dan Irlandia mengatakan, kunjungan itu dilakukan sebagai tanggapan atas meningkatnya kekhawatiran – di seluruh Tepi Barat dan di Beita khususnya – tentang meningkatnya tingkat kekerasan pemukim dan untuk menyentuh pendirian pos pemukiman ilegal yang mengkhawatirkan di atas Jabal Sabih, di pinggiran desa Beita, yang menyebabkan bentrokan rutin antara warga , pemukim Israel dan pasukan Israel.

Enam warga Palestina telah ditembak mati oleh pasukan Israel dan ratusan lainnya terluka sejak awal Mei 2021.

Selama kunjungan, para peserta mendengar dari penduduk setempat, mitra WBPC, dan Komisi Kolonisasi dan Perlawanan Tembok tentang perkembangan di lapangan, yang sering mengakibatkan insiden kekerasan karena penduduk tinggal di dekat pos terdepan pemukiman.

Penduduk Palestina mengatakan kepada hadirin bagaimana mereka takut kehilangan tanah lebih jauh dan terkena lebih banyak kekerasan pemukim.

Menurut Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA), jumlah total serangan pemukim di Tepi Barat yang mengakibatkan cedera dan/atau kerusakan properti pada tahun 2021 telah meningkat 46 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2020.

Sementara itu, Yesh Din, sebuah organisasi hak asasi manusia Israel, melaporkan bahwa 96 persen penyelidikan oleh otoritas Israel terhadap tindakan kekerasan pemukim tidak mengarah pada pengajuan dakwaan.

Mengunjungi Beita, Konsul Jenderal Inggris Diane Corner mengatakan, “Kami mengutuk setiap insiden kekerasan oleh pemukim terhadap warga Palestina. Kami mendesak pihak berwenang Israel untuk menangani kekerasan pemukim dan menyelidiki secara menyeluruh setiap insiden, untuk membawa mereka yang bertanggung jawab ke pengadilan dan mengakhiri budaya impunitas.”

“Posisi Inggris tentang permukiman jelas: permukiman ilegal menurut hukum internasional, menghadirkan hambatan bagi perdamaian, dan mengancam kelangsungan fisik solusi dua negara,” tambahnya. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.