Diplomat Qatar Dorong Israel Beri Izin Warga Gaza Bekerja di Wilayahnya

Doha, MINA – Diplomat Qatar Mohammed Al-Emadi mengatakan, pihaknya mewakili negara Teluk mendorong Israel  agar mengizinkan warga Gaza yang ingin bekerja ke wilayah-wilayah Israel karena mereka membutuhkan pekerjaan itu.

“Ada sekitar lima ribu warga Gaza yang ingin bekerja di wilayah Israel. Saya kira hal itu bisa dipertimbangkan pihak Israel sekaligus untuk mengakhiri gelombang aksi dari warga Gaza yang menerbangkan balon api ke wilayah Israel,” kata Al-Emadi seperti dikutip media nasional Israel.

Sejak Maret lalu, intensitas warga Gaza yang menerbangkan balon api ke wilayah-wilayah Israel cukup tinggi. Hal itu menyebabkan ribuan hektar wilayah Israel mengalami kebakaran. Hal itu mereka lakukan sebagai bentuk protes karena dilarang memasuki kawasan Palestina yang dikuasai Israel.

Warga Gaza juga mengklaim hal itu mereka lakukan sebagai bentuk perlawanan mereka atas blokade yang dilakukan Israel sejak 2007 lalu hingga saat ini.

Sampai saat ini, warga Gaza terus merasakan kekurangan akses kesehatan, listrik, bahan bangunan dan air akibat blokade tersebut. Mereka juga tidak bisa keluar dari Gaza karena akses pintu Rafah ditutup oleh militer Mesir dan hanya dibuka beberapa hari saja sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan warga Gaza.

Militer Israel juga tidak segan-segan meluncurkan bom ke wilayah Gaza dengan alasan membalas serangan atau menargetkan pasukan Hamas yang mereka anggap sebagai “teroris”. Sementara Hamas mengatakan mereka membela hak-hak warga Palestina yang selama ini dirampas Israel. (T/P2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)