Direktur Bagian Pers Informasi TETO Berkunjung ke Kantor Berita MINA

Jakarta, MINA – Direktur Bagian Pers Informasi Taipei Economic and Trade Office (TETO) Indonesia di Jakarta yang baru, Chia-Chi Kang, berkunjung ke Kantor Berita MINA (Mi’raj News Agency), Jumat (15/2).

Kunjungan Kang ke kantor pusat MINA di Kramat Lontar, Jakarta Pusat, dilaksanakan sebagai salah satu implementasi dalam mengokohkan hubungan kepada media-media terpercaya.

“Kunjungan kami bukan hanya mempererat hubungan antara TETO dengan MINA, lebih jauh lagi antara Taiwan dengan Indonesia,” kata Kang didampingi Sekretaris Bagian Pers Informasi TETO Indonesia, Kim Cho.

Kunjungan Kang tersebut diterima Pemimpin Redaksi (Pemred) MINA Ismet Rauf, Kepala Redaksi Bahasa Arab Rifa Arifin, dan Koordinator Peliputan MINA Rana Setiawan.

Dalam kunjungan itu, Kang menyampaikan maksudnya menemui pimpinan MINA yakni untuk menjalin hubungan kerjasama dan mengetahui seluk-beluk kerja media. Dia juga menggali informasi segala sesuatu tentang visi misi MINA yang berusia tujuh tahun, kebijakan redaksional,  isu yang diangkat, dan aktivitas yang telah atau akan dilakukan Kantor Berita MINA, kantor berita berbasis Islam yang terbit dalam tiga bahasa yakni Indonesia, Inggris dan Arab.

Menurut Kang, media massa memiliki peran yang sangat penting dalam proses demokrasi  di Taiwan. Keragaman media di negara itu tercermin dari banyaknya sarana dan persaingan yang ketat.

“Kegiatan pers di Taiwan berkembang dalam salah satu lingkungan media yang paling bebas di Asia. Kita bisa lihat di stasiun TV Taiwan banyak menampilkan tayangan (program) untuk mengkritik kebijakan pemerintah. Dan itu biasa,” katanya.

Menurut Indeks Kebebasan Pers Global yang dikeluarkan oleh Reporters Without Borders, selama enam tahun berturut-turut hingga 2018, Taiwan menempati urutan teratas dalam bidang kebebasan pers di Asia.

Kang menggantikan Direktur Bagian Pers Informasi Taipei TETO, Kendra Chen.

Pemred MINA Ismet Rauf menyambut baik kunjungan Direktur Chia-Chi Kang dan Kim Cho. Dia menekankan, sebagai kantor berita internasional, Kantor Berita MINA menampilkan informasi objektif, akurat dan berimbang, sesuai dengan standar profesionalisme  pers.

“Menjadi media massa terpercaya sebagai cerminan Islam rahmatan lil ‘alamin memang menjadi visi kami (Kantor Berita MINA). Untuk itu, MINA  dapat dijadikan sebagai sumber informasi serta rujukan oleh berbagai lembaga nasional maupun internasional,” ujarnya. (L/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)