DIRJEN KEMENRISTEKDIKTI: TEKNOLOGI INDONESIA AKAN MAJU

Menteri Ristek dan Teknologi Perguruang Tinggi (Ristekdikti), Muhammad Nasir. (Foto: Chamid/MINA)
Menteri Ristek dan Teknologi Perguruang Tinggi (Ristekdikti), Muhammad Nasir.(Foto: Chamid/MINA)

Jakarta, 21 Syawwal 1436/6 Agustus 2015 (MINA) – Direktur Jenderal (Dirjen) Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, Muhammad Dimyati mengatakan, pihaknya amat yakin, teknologi Indonesia akan maju.

“Meskipun banyak kekurangan dan kelemahan di banyak hal di bidang riset, teknologi dan pendidikan tinggi, namun banyak prestasi yang telah dicapai Indonesia, khususnya di bidang teknologi,” kata Dimyati saat Press Briefing  dengan tema “Inovasi Iptek Untuk Daya Saing Bangsa” di ruang rapat Gedung Kemenristekdikti, di Jakarta, Kamis (6/8) siang.

Menurutnya, ada beberapa contoh di antaranya keberhasilan PT Pindad membuat kapal-kapal berkelas internasional, PT INKA berhasil merancang dan membangun kereta api nasional. Puncaknya adalah PT Dirgantara Indonesia, meskipun dalam kondisi yang sulit, namun tetap mampu memasok bagian tertentu dari pesawat canggih kelas dunia.

“Dan yang perlu diapresiasi adalah, baru baru saja PT Dirgantara Indonesia mampu merancang pesawat N219 dan N245, dan tentu hal ini sangat membanggakan Indonesia,” ujar Dimyati.

Hal itu, lanjutnya, harus dibarengi dengan memperbaiki kondisi perguruan tinggi dan Lembaga Risbang, mengingat kondisi saat ini yang serba kekurangan.

“Kebijakan lintas sektor harus diperbaiki agar mendukung inovasi,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga meminta agar pertanggungjawaban administrasi disederhanakan. Alasannya supaya tidak menyita waktu peneliti sehingga peneliti tidak lagi sibuk mengurus administrasi yang berkaitan dengan kwitansi kecil-kecil dan pada akhirnya melalaikan penelitiannya sendiri.

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) merupakan suatu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus berdasarkan Keputusan Presiden No. 71 Tahun 1995.

Hakteknas dicanangkan pada 10 Agustus 1995, bertepatan dengan diterbangkannya pesawat buatan Indonesia asli, yaitu pesawat N-250 Gatotkaca yang sangat canggih, paling canggih pada jamannya.

Peringatan hari puncak Hakteknas tahun ini akan diselenggarakan di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI-AL di Tanjung Priok pada Senin, 10 Agustus 2015 yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. (L/P010/P011)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)