Dirjen Pendis Teken Kontrak DEDC Project IDB Untuk Empat Kampus PTKIN

Jakarta, 27 Dzulhijjah 1437/29 September 2016 (MINA) – Setelah melalui rangkaian proses cukup panjang, proses pembangunan empat kampus PTKIN akan segera terealisasi. Kepastian tersebut diwujudkan dalam penandatanganan kontrak antara Kementerian Agama dengan Konsultan Perencana dan Desain Bangunan Paket 1 dan 2 di Jakarta, Rabu (29/9).

Dalam pernyataannya, Dirjen Islam Kementerian Agama (Ditjen ) Kamaruddin Amin menyatakan,  manaruh harapan besar terutama pada konsultan agar bekerja sebaik-baiknya dan sesuai dengan aturan yang ada.

“Saya sangat senang dengan capaian ini dan saya mengajak semua pihak untuk bekerja secara hati-hati mengerjakan proyek yang nilainya cukup besar ini, dan itu harus dimulai dari perencanaan,” katanya.

Selanjutnya, dalam keterangan pers Kemenag yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) para Konsultan tersebut akan langsung mengerjakan perencanaan dan desain bangunan di empat PTKIN.

PT. Patroon Arsindo dan PT. Griksa Cipta yang akan menangani Paket 1 DED di UIN Raden Fatah Palembang dan UIN Sumatera Utara, sedangkan PT. Yodya Karya dan PT. Gitarencana Multiplan akan mengerjakan Paket 2 DED di UIN Walisongo Semarang dan IAIN Mataram.

Kamaruddin juga menyatakan bahwa Detailed Engineering and Design Consultant (DEDC) merupakan terjemahan dari keinginan kampus. “Jadi, DEDC mewujudkan keinginan stakeholder atau owner, diterjemahkan melalui desain bangunan yang harus bagus, futuristik seperti bangunan-bangunan kampus modern di dunia. Kita inginkan kampus PTKIN yang baik, indah dan asri.”

Setelah penandatanganan kontrak ini, diharapkan DEDC bisa langsung bekerja sehingga pada Maret 2017 dokumen sudah tuntas dan bisa langsung mulai bidding konstruksi.

“Mudah-mudahan paling lambat Agustus 2017 sudah mulai pemancangan tiang (ground breaking) sehingga pembangunan kampus sudah bisa dimulai”, harapnya.

Hadir dalam acara tersebut Project Management Unit (PMU) 4 in 1 Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI, dan Rektor serta para pengurus Project Implementation Unit (PIU) dari 4 (empat) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). (T/ima/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.