Disudutkan di Bawah Pandemi, Muslim Inggris Respons dengan Perjuangan

(Foto: Getty)

Oleh: Harris Iqbal, CEO Penny Appeal

Hari Jumat 31 Juli 2020 bertepatan tanggal 10 Dzulhijjah 1441 Hijriyah dalam kalender Islam, merayakan Hari Raya Idul Adha, Hari Qurban. Sebanyak 1,8 miliar Muslim di seluruh dunia memperingati pengorbanan Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam.

telah memperkirakan kesempatan pahit karena yang sedang berlangsung. Pada Kamis malam, Menteri Kesehatan Matt Hancock mengumumkan bahwa anggota keluarga yang tinggal terpisah dilarang saling bertemu di dalam ruangan di Manchester, sebagian dari Lancashire dan sebagian dari Yorkshire Barat. Hampir semua kota itu tempat tinggal komunitas Muslim yang signifikan.

Komunitas Muslim Inggris telah sangat terpengaruh oleh virus, baik dalam efek kesehatannya dan di lingkup sosial yang meradang oleh tindakan penguncian. Faktanya, Covid-19 dua atau tiga kali lebih mungkin berakibat fatal bagi kelompok etnis kulit hitam dan minoritas. Penasihat pemerintah pun telah menyatakan keprihatinan khusus terhadap komunitas Muslim sejak awal pandemi.

Dapat dijelaskan secara sederhana, melalui kemiskinan dan kepadatan penduduk, semuanya mengarah pada peningkatan penyebaran virus dan kesehatan yang buruk secara keseluruhan. Sebanyak 46 persen populasi Muslim Inggris berada di 10 persen dari otoritas lokal termiskin di Inggris.

Namun demikian, ini telah menciptakan stigma di sekitar komunitas Muslim, diperburuk oleh fakta bahwa daerah-daerah di Inggris yang berisiko tinggi, atau sudah berada di bawah penguncian kedua, hampir semua daerah dengan komunitas Muslim yang signifikan. Leicester adalah tempat pertama kuncian kedua diterapkan. Muslim menyumbang 20 persen populasi.

Selain itu, kita tahu bahwa umat Islam terwakili secara tidak proporsional di NHS (program Pelayanan Kesehatan Nasional), dimana orang Inggris bertepuk tangan setiap pekan selama hampir tiga bulan. Kadang-kadang, karya mereka terlihat dirayakan di ruang publik seperti di Piccadilly Circus, tetapi kontribusi Muslim jarang dirayakan.

Seluruh penduduk Inggris, kaya dan miskin seharusnya mendapat perlindungan dari NHS.

Alih-alih mendukung komunitas Muslim pada saat yang sangat menantang ini, beberapa orang telah secara aktif menggunakan krisis untuk menyebarkan informasi yang salah dan prasangka. Para tokoh sayap kanan seperti Tommy Robinson dan Katie Hopkins menuduh orang-orang Muslim dengan tidak sengaja melanggar aturan sosial jaga jarak, dan menuding bahwa Muslim menikmati hak istimewa dalam waktu penguncian. Dua tudingan itu telah terbukti sepenuhnya palsu.

Perawat medis muslimah di masa pandemi. (Foto: dok. ICRC)

Namun, apa yang disebut ‘Covid ’ ini tidak terbatas pada tokoh-tokoh pinggiran saja. Sebuah harian ternama Inggris menerbitkan artikel yang sensasional dan dinilai rasial. Artikel itu menuduh bahwa separuh dari kasus Covid impor Inggris berasal dari Pakistan, klaim yang dibantah oleh statistik dan pernyataan pemerintah Pakistan sendiri.

Banyak negara mayoritas Muslim merasakan dampak pandemi lebih lambat daripada Eropa, dan baru sekarang menghadapi peningkatan infeksi di hadapan infrastruktur medis yang terbatas. Ini adalah sesuatu yang saya lihat sendiri sebagai CEO Penny Appeal, badan amal kemanusiaan yang dipimpin Muslim Inggris. Kami telah mengoordinasikan intervensi kemanusiaan yang menyelamatkan jiwa di Suriah, Yaman dan Gaza, termasuk distribusi alat uji Covid-19 yang penting, infrastruktur karantina, dan perangkat kebersihan.

Menarik inspirasi atas dasar iman mereka, respons Muslim terhadap hal ini sebagian besar adalah mengekspresikan solidaritas dengan berjuang, memperkuat peran mereka sebagai elemen integral dari masyarakat sipil Inggris.

Dalam beberapa bulan terakhir, Muslim di Inggris telah menyumbangkan jutaan pound untuk Covid-19, banyak di antaranya terinspirasi oleh pengalaman mereka sendiri dan ingin mengekspresikan solidaritas dan dukungan bagi komunitas di seluruh dunia yang sangat rentan terhadap virus.

Lembaga kemanusiaan Penny Appeal Inggris. (Foto: Penny Appeal)

Kehidupan dan ibadah Muslim pada dasarnya bersifat komunal, seperti shalat harus dilakukan berjamaah. Namun, Covid telah merampok kehidupan Muslim dari komunitas mereka, termasuk ibadah keagamaan seperti pelaksanaan ibadah haji yang menjadi pukulan paling menyakitkan bagi umat Islam.

Mereka telah menderita secara tidak proporsional, tetapi ini justru dieksploitasi untuk meningkatkan prasangka terhadap mereka. Namun, jauh dari mundur, mereka merespons dengan bersikap sangat proaktif dalam memerangi virus, mengisi celah di mana pemerintah gagal, dan menyediakan jaring pengaman bagi yang paling rentan melalui kontribusi mereka.

Sebuah laporan baru-baru ini, yang disoroti oleh Menteri Masyarakat Sipil Inggris memprofilkan karya hampir 200 badan amal Muslim dalam menanggapi Covid. Dilacak oleh Forum Amal Muslim, itu merinci berbagai kegiatan, termasuk pekerjaan tim saya di perumahan para tunawisma.

Badan amal Muslim seperti yang saya pimpin telah lama disebut sebagai ‘layanan darurat keempat’. Butuh pandemi untuk menunjukkan kepada kita betapa pentingnya layanan darurat itu, tidak hanya dalam menyelamatkan nyawa, tetapi dalam menyatukan masyarakat yang semakin terisolasi dan terfragmentasi.

Pengorbanan Muslim saat merayakan Idul Adha bahkan lebih besar di tahun ini. Musim haji memiliki pesan kuat tentang persatuan dan kesabaran untuk kita semua. Dengan Muslim Inggris tidak dapat mengambil bagian dalam haji tahun ini, mungkin pesan pemersatu dapat menyatukan khalayak yang lebih domestik. Kami hanya bisa berharap negara akan mendengarkan. (AT/RI-1/P2)

Sumber: The New Arab

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.