DKI Jakarta Dapat Penghargaan Internasional di Bidang Transportasi

Washington, MINA – menerima penghargaan Honorable Mention dari Komite Sustainable Award (STA) di ajang Sustainable Transport Award 2020 yang berlangsung di Walter E. Washington Convention Center, Washington DC pada 14 Januari 2020 waktu setempat.

Penghargaan ini diberikan atas usaha Pemprov DKI Jakarta dalam mengembangkan sistem BRT, Transjakarta, serta keberhasilan dalam menaikkan jumlah penumpang hingga 200 persen dalam waktu kurang dari tiga tahun.

Delegasi Pemprov DKI Jakarta yang hadir pada acara penganugerahan itu diantaranya Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekdaprov DKI Jakarta, Sri Haryati; Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo; dan Kepala Bagian Kerjasama Luar Negeri, Hari Wibowo.

Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekdaprov DKI Jakarta, Sri Haryati dalam keterangannya, Kamis (16/1) mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil dari kolaborasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, warga Jakarta dan pihak swasta.

“Penghargaan ini akan menjadi motivasi lebih bagi Jakarta untuk semakin mengembangkan sistem transportasi terintegrasi agar Jakarta menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk ditinggali warganya,” ujarnya.

Sri menjelaskan, Jakarta masuk dalam nominasi STA 2020 karena banyaknya perubahan positif yang terjadi di Jakarta dalam kaitannya dengan sistem transportasi berkelanjutan.

“Selain kenaikan jumlah penumpang Transjakarta yang fantastis, Jakarta juga dinilai berhasil mengintegrasikan sistem BRT dengan layanan mikrobus (angkot) serta kehadiran sistem metro (MRT) pertama yang memberikan tambahan opsi moda angkutan umum bagi warga Jakarta,” terangnya.

Menurutnya, Jakarta juga berhasil meningkatkan fasilitas pejalan kaki dan akses menuju stasiun dan halte angkutan umum serta menciptakan hub-hub untuk mengintegrasikan berbagai moda transportasi.

“Kenaikan jumlah penumpang Transjakarta, integrasi antarmoda serta pembangunan fasilitas pejalan kaki, menjadikan Jakarta memenuhi kriteria untuk dapat masuk nominasi STA 2020,” tandasnya.

Untuk diketahui, Penghargaan Sustainable Award 2020 merupakan bagian dari 17th Annual Transforming Transportation Conference di mana delegasi dari Pemprov DKI Jakarta juga mempresentasikan perkembangan transportasi di Jakarta dalam sesi panel ‘Transforming Transportation’ pada tanggal 16 Januari 2020 di lokasi yang sama.

Jakarta masuk dalam nominasi bersama 12 kota dari berbagai negara di dunia seperti, Richmond (USA), San Jose (Costa Rica), Kingston (Canada), Bogota (Colombia) dan lain sebagainya.

Dalam prosesnya, Jakarta melesat masuk ke dalam tahap semifinal hingga akhirnya menduduki posisi tiga besar bersama Pune (India) dan Kigali (Rwanda). (T/R2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.