DKI Jakarta Juara Umum POMNAS XVI

Jakarta, MINA – Provinsi berhasil meraih pada ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke XVI (16) yang diselenggarakan di Jakarta pada 19-26 September 2019.

Juara Umum berhasil diraih setelah para atlet asal DKI Jakarta mampu memperoleh 76 medali emas, 53 perak, dan 33 perunggu. Pencapaian sebagai Juara Umum Pomnas XVI tersebut membuat DKI Jakarta secara berturut-turut bisa mempertahankan prestasi tersebut untuk ke-16 kali.

“Mudah-mudahan pelaksanaan ini bisa menghasilkan prestasi-prestasi olahraga. Saya mendengar juga Jakarta pemecahan rekor nasional di renang. Luar biasa ini bisa memecahkan rekor nasional,” kata  Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir saat malam Penutupan POMNAS XVI Jakarta 2019 di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (26/9) malam.

Pomnas XVI ini diikuti sebanyak 6.441 atlet dari lebih 500 perguruan tinggi yang ada di 34 provinsi. Terdapat 19 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam ajang pesta olahraga antar mahasiswa se-Indonesia dua tahunan ini.

Dalam Pomnas XVI Juara 2 berhasil diraih Jawa Barat dengan perolehan sebanyak 81 medali, dengan rincian 24 emas, 20 perak, dan 37 perunggu. Sedangkan, di posisi tiga diraih Jawa Tengah dengan perolehan sebanyak 73 medali meliputi, 22 emas, 17 perak, dan 34 perunggu.

POMNAS ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali ini berikutnya akan diselenggarakan di Sumatera Barat pada 2021. Menteri Nasir berharap panitia POMNAS XVII Sumatera Barat 2021 mampu menyelenggarakan POMNAS yang lebih baik dari penyelenggaraan Jakarta.

“Terima kasih kepada seluruh official, seluruh dewan juri, dan seluruh panitia yang terlibat dalam pelaksanaan ini. Mudah-mudahan pelaksanaan ini ke depan semakin baik, yang akan dilaksanakan oleh panitia POMNAS ke-17 yang akan diselenggarakan di Sumatera Barat,” harap Nasir. (R/R10/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)