Do’a Khusus pada Lailatul Qadar

Oleh Ali Farkhan Tsani, Direktur Islamic Center Ma’had Tahfiz Daarut Tarbiyah Indonesia (DTI Foundation) Bekasi Jabar

Lailatul Qadar adalah Malam Kemuliaan. Satu malam pada bulan suci Ramadhan yang lebih baik daripada seribu bulan atau sekitar 83 tahun. (QS Al-Qadr).

Walaupun jumhur ulama menjelaskan, kemungkinan besar berdasarkan hadits-hadits, Lailatul Qadar itu akan turun pada satu malam di antara sepuluh malam yang akhir bulan Ramadhan. Terutama sekali pada malam-malam ganjil. Namun, jika membiasakannya pada setiap malam sepanjang malam-malam Ramadhan, tentu akan lebih mudah untuk bertepatan dengan Lailatul Qadar.

Lalu, doa khusus apa yang perlu dipanjatkan ke hadirat Allah pada Lailatul Qadar? Doa atau bacaan pada Lailatul Qadar dapat berdoa beberapa doa yng terdapat dalam Al-Quran maupun hadits.

Adapun secara khusus doa yang sangat perlu untuk dipanjatkan adalah seperti disebutkan di dalam hadits:

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا قَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ وَافَقْتُ لَيْلَةَ الْقَدْرِ مَا أَدْعُو قَالَ تَقُولِينَ اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Artinya : Dari ‘Aisyah, bahwasanya dia bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimanakah menurut baginda, jika saya mendapatkan Lailatul Qadar? Apakah yang mesti saya baca?” Jawab beliau, “Bacalah (doa), “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni (Ya Allah. Sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf,  suka memaafkan, maka maafkanlah aku”. (H.R. Ibnu Majah dan Ahmad dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha).

Karena itu, marilah kita perbanyak doa ini pada malam-malam Ramadhan dan ditambah doa-doa kebaikan lainnya.

Semoga kita dapat meraih Lailatul Qadar. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin. (A/RS2/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.