Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Doha Jadi Ibukota Kebudayaan Islam 2021 Mulai Senin depan

Rana Setiawan - Selasa, 2 Maret 2021 - 17:29 WIB

Selasa, 2 Maret 2021 - 17:29 WIB

0 Views

Rabat, MINA – Pelaksanaan program Doha sebagai islam/">Ibukota Kebudayaan Islam di Kawasan Arab untuk tahun 2021, akan dimulai pada Senin (8/3) pekan depan, dengan tema utama “Budaya Kita adalah Cahaya,” di bawah perlindungan tinggi Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani.

Doha merupakan ibukota Qatar, yang terpilih sebagai islam/">Ibukota Kebudayaan Islam oleh Organisasi Islam untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (ISESCO) di bawah Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Kantor Berita OKI melaporkan, Selasa (2/3), pelaksanaan ini mencakup lebih dari 70 program dan kegiatan yang mencerminkan warisan Qatar, yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2021.

Sejak diluncurkan pada 2005 lalu, Program islam/">Ibukota Kebudayaan Islam ICESCO bertujuan untuk merayakan tiga kota setiap tahun di dunia Islam, yang memiliki sejarah budaya yang menonjol.

Baca Juga: Gerakan Perlawanan Lebanon Tembakkan Roket ke Tzuriel Moshav Israel

Tujuannya adalah untuk menyoroti warisan budaya dan peradaban mereka, mempromosikan dialog budaya dan peradaban, dan mengkonsolidasikan nilai-nilai koeksistensi dan pemahaman di antara masyarakat.

Setiap kota mewakili salah satu dari tiga wilayah geografis Negara Anggota OKI (kawasan Arab, kawasan Afrika, kawasan Asia).

Kementerian Kebudayaan dan Olahraga Qatar akan mengadakan perayaan tersebut, bekerja sama dengan Komisi Nasional Pendidikan, Kebudayaan, dan Sains Qatar, dan bekerja sama dengan beberapa kementerian dan otoritas di Qatar, termasuk Kementerian Pendidikan dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Wakaf dan Urusan Islam, Museum Qatar, Desa Budaya Katara, dan Qatar Foundation for Education, Science and Community Development.

Program dan kegiatan perayaan tersebut merupakan platform untuk mempromosikan kreativitas di berbagai bidang intelektual, seni, dan budaya, menyoroti peran Negara Qatar di bidang budaya serta kekayaan budaya dan warisannya, serta mendorong kreativitas dan inovasi sebagai nilai budaya guna memperkaya peradaban Islam.

Baca Juga: Mantan Menlu Israel Serukan Penghancuran Total Pelabuhan Al-Hudaydah Yaman

ICESCO telah memilih Doha sebagai islam/">Ibukota Kebudayaan Islam di Kawasan Arab untuk tahun 2021 karena sejarah panjang dan warisannya.

Doha adalah tanah dialog dan persimpangan peradaban.

Selain Doha,  Islamabad sebagai ibu kota Pakistan terpilih menjadi islam/">Ibukota Kebudayaan Islam mewakili wilayah Asia. Sementara Banjul, ibu kota Gambia, dipilih sebagai islam/">Ibukota Kebudayaan Islam yang mewakili wilayah Afrika.(T/R1/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Arab Saudi Jinakkan 989 Alat Peledak di Yaman

Rekomendasi untuk Anda

Dunia Islam
Ilustrasi (Foto: Freepik @freepik)
Kolom
Indonesia
Khadijah
Palestina
Palestina