Doha Jadi Ibukota Kebudayaan Islam 2021 Mulai Senin depan

(Sumber: UNA-OIC)

Rabat, MINA – Pelaksanaan program Doha sebagai Ibukota Kebudayaan Islam di Kawasan Arab untuk tahun 2021, akan dimulai pada Senin (8/3) pekan depan, dengan tema utama “Budaya Kita adalah Cahaya,” di bawah perlindungan tinggi Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani.

Doha merupakan ibukota Qatar, yang terpilih sebagai Ibukota Kebudayaan Islam oleh Organisasi Islam untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (ISESCO) di bawah Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Kantor Berita OKI melaporkan, Selasa (2/3), pelaksanaan ini mencakup lebih dari 70 program dan kegiatan yang mencerminkan warisan Qatar, yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2021.

Sejak diluncurkan pada 2005 lalu, Program Ibukota Kebudayaan Islam ICESCO bertujuan untuk merayakan tiga kota setiap tahun di dunia Islam, yang memiliki sejarah budaya yang menonjol.

Tujuannya adalah untuk menyoroti warisan budaya dan peradaban mereka, mempromosikan dialog budaya dan peradaban, dan mengkonsolidasikan nilai-nilai koeksistensi dan pemahaman di antara masyarakat.

Setiap kota mewakili salah satu dari tiga wilayah geografis Negara Anggota OKI (kawasan Arab, kawasan Afrika, kawasan Asia).

Kementerian Kebudayaan dan Olahraga Qatar akan mengadakan perayaan tersebut, bekerja sama dengan Komisi Nasional Pendidikan, Kebudayaan, dan Sains Qatar, dan bekerja sama dengan beberapa kementerian dan otoritas di Qatar, termasuk Kementerian Pendidikan dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Wakaf dan Urusan Islam, Museum Qatar, Desa Budaya Katara, dan Qatar Foundation for Education, Science and Community Development.

Program dan kegiatan perayaan tersebut merupakan platform untuk mempromosikan kreativitas di berbagai bidang intelektual, seni, dan budaya, menyoroti peran Negara Qatar di bidang budaya serta kekayaan budaya dan warisannya, serta mendorong kreativitas dan inovasi sebagai nilai budaya guna memperkaya peradaban Islam.

ICESCO telah memilih Doha sebagai Ibukota Kebudayaan Islam di Kawasan Arab untuk tahun 2021 karena sejarah panjang dan warisannya.

Doha adalah tanah dialog dan persimpangan peradaban.

Selain Doha,  Islamabad sebagai ibu kota Pakistan terpilih menjadi Ibukota Kebudayaan Islam mewakili wilayah Asia. Sementara Banjul, ibu kota Gambia, dipilih sebagai Ibukota Kebudayaan Islam yang mewakili wilayah Afrika.(T/R1/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Dapatkan berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Jangan lupa juga ikuti berita terkini dari MINANEWS di Google News, klik di sini.