DONETSK TENANG SETELAH GENCATAN SENJATA UKRAINA

Suasana tenang di salah satu sudut kota Donetsk (Gambar: AA)
Suasana tenang di salah satu sudut kota Donetsk (Gambar: AA)

Donetsk, 12 Dzulqa’dah 1435/7 September 2014 (MINA) – Donetsk, Ukraina Timur, kota yang menjadi pusat bentrokan baru antara pemberontak pro-Rusia dan pasukan pemerintah Kiev, kondisinya tenang selama 24 jam setelah gencatan senjata diumumkan antara kedua belah pihak.

Lalu lintas telah kembali ke jalan dan alun-alun kota. Tidak ada tembakan yang dilaporkan sejak Jumat malam, Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Presiden Ukraina Petro Poroshenko pada hari Jumat memerintahkan tentara untuk melakukan gencatan senjata. Pemberontak di Donetsk pun mengumumkan di media sosial bahwa mereka telah berhenti menargetkan militer Ukraina.

Seorang penduduk Donetsk, Tatyana Vladimirovna, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa dia telah kembali ke pusat kota saat merasa aman di bawah gencatan senjata.

“Tapi sekali lagi, dalam hal ini tidak ada jaminan penuh,” tambahnya.

“Semua orang ingin hidup dalam keamanan dan perdamaian,” kata warga Donetsk lainnya, Michael Ivanovic.

Namun Ivanovic tidak setuju dengan pemerintahan Kiev.

“Selama pemerintah tetap berkuasa di Kiev, kami tidak akan menemukan perdamaian di wilayah ini,” katanya.

PBB memperkirakan lebih dari 2.500 orang telah tewas di Ukraina Timur yang bergolak sejak pertengahan April, ketika Kiev melancarkan operasi militer di propinsi Donetsk dan Luhansk untuk mengembalikan kontrol pemerintah, setelah separatis pro-Moskow menyatakan kemerdekaannya secara sepihak. (T/P001/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0